Pengguna Jalan dan Warga Apresiasi Pembuatan Lampu Jalan di Jalinsum

Penerangan lampu jalan yang dipasang di Jalinsum Kabupaten Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Pengguna jalan dan warga di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), khususnya Kecamatan Narumonda, Sigumpar, Laguboti dan Kecamatan Balige mengapresiasi Pemerintah Pusat yang telah membuat lampu jalan di tepi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

“Dengan adanya lampu jalan itu membantu menerangi jalan saat malam hari. Apabila ada jalan yang berlubang dapat terlihat, karena cahaya lampu,” sebut salah seorang supir mobil Inova, Amin, Rabu (16/1/2019).

Hal senada dikatakan salah seorang warga, Aldi Sirait. Menurutnya, dengan penerangan jalan masyarakat yang akan menyeberang akan terlihat pengemudi, maka sudah pasti tingkat kecelakaan akan berkurang, setidaknya tingkat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dapat ditekan seminimnya.

“Alangkah bagus dan indahnya, bila jalan menuju objek wisata dibuat lampu penerangan jalan. Ini merupakan daya tarik tersendiri menambah keindahan wisata di Tobasa saat malam hari,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Pemkab Tobasa, Darlin Sagala melalui Kepala Seksi Pertamanan dan PJU,Wesly Rudy Situmorang mengatakan, penerangan jalan di Jalinsum didanai dari Kementerian Republik Indonesia, dengan menggunakan tenaga surya.

Menurutnya, pembangunan lampu jalan menuju objek wisata, sudah ada dianggarkan di APBD 2019. Wesly menuturkan, beberapa titik akan diberikan penerangan lampu jalan di tempat tujuan wisata.

“Namun anggaran pembangunan lampu jalan dilakukan secara bertahap. Artinya, tidak sekaligus dibangun di setiap tujuan objek wisata. Ini mengingat APBD kita yang terbatas,” jelas Wesly. (asri)