Penghitungan Surat Suara di Tobasa masih di Tingkat Kecamatan

Para Komisioner KPUD Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Hasil pencoblosan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), hingga Kamis (18/4/2019) masih berlangsung di tingkat Kecamatan.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tobasa, Henri Pardosi. Menurut Henri, perolehan suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) masih di tingkat Kecamatan, menunggu penyerahan ke kantor KPUD Tobasa.

“Ini sesuai Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2019 tentang perubahan keempat atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2019,” sebut Henri.

Lanjutnya, penyampaian berita acara rekapitulasi hasil penghitungan suara dan kelengkapan dari Kecamatan akan diserahkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kepada KPUD Tobasa secara manual mulai Kamis (18/4/2019) dan paling lambat Sabtu (20/4/2019).

“Apabila ada kendala, permasalahan dan sengketa yang terjadi di TPS maupun Kecamatan, bisa saja penyampaian ke KPUD mulai tanggal 18 April-4 Mei 2019 paling lambat,” sebut Henri.

Sementara untuk pengumuman resmi di tingkat KPUD Kabupaten diberitakan secara resmi rekapitulasi suara dan penetapan jumlah suara pada tanggal 20 April – 7 Mei 2019.

Pihaknya yakin untuk Kabupaten Tobasatidak akan ada kendala permasalahan atau sengketa. Namun yang menjadi persoalan hanya jarak tempuh yang relatif jauh dari Kecamatan ke kantor KPUD Tobasa di Balige. Seperti dari Kecamatan Borbor, Nassau, Habinsaran dan Pintu Pohan.

“KPUD Tobasa berharap pada tanggal 20 April ini,pengumuman surat suara dari akan diumumkan secara resmi,” terang Henri. (asri)