Penjelasan Pemberhentian Wali Kota Siantar Diterima DPRD, Jabatan Hefriansyah Menghitung Hari

Wali Kota Siantar, Hefriansyah.

Siantar, Lintangnews.com | Terkait surat dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tertanggal 11 Juni 2021 yang ditujukan kepada Ketua DPRD Siantar tentang penjelasan pemberhentian Wali Kota disebut telah sampai ke DPRD Siantar.

Menanggapi hal ini, Pimpinan DPRD Siantar akan segera melakukan rapat terlebih dahulu untuk melakukan langkah kedepan

“Sudah, kita akan rapat pimpinan dulu,” sebut Timbul Lingga selaku Ketua DPRD Siantar lewat pesan WhatsApp (WA), Kamis (17/6/2021).

Menanggapi hal ITU, Muldri PJ Pasaribu akademisi dari Universitas Simalungun (USI) menuturkan, pemberhentian Wali Kota, Hefriansyah dan Wakil Wali Kota, Togar Sitorus saat ini bola panas nya telah sampai di DPRD.

“Tinggal DPRD yang menentukan, kapan mereka melakukan paripurna. Artinya persyaratan melakukan paripurna, harus tetap dipenuhi,” sebut Muldri, Jumat (18/6/2021).

Menurutnya, belum terlaksananya pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar karena DPRD menunggu kepastian hukum dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kalau sudah turun, sudah bisa segera dilakukan paripurna pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” tutup Dosen Pasca Sarjana USI ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Nomor: 131.12/3649/OTDA tanggal 4 Juni 2021 perihal penjelasan terkait pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Sumatera Utara, berkaitan dengan hal itu beredar surat dari Pemprovsu yang menyurati Ketua DPRD Siantar tertanggal 11 Juni 2021 perihal penyampaian surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang penjelasan pemberhentian Wali Kota Siantar.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut, Afifi Lubis menyampaikan agar Ketua DPRD Siantar menindak lanjuti surat Dirjen Otda tertanggal 4 Juni 2021 poin D yakni segera mengusulkan pemberhentian Hefriansyah sebagai Wali Kota Siantar.

Surat Sekda itu ditembuskan kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) sebagai laporan dan Wali Kota Siantar. (Elisbet)