Penyakit Kanker di Kaki, Ini Harapan Januar pada Pemkab Batubara

Januar hanya bisa terbaring di kamar tidurnya.

Batubara, Lintangnews.com | Januar Syam Manurung (33) warga Dusun 1 Desa Karang Baru, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara menderita penyakit diketahui kanker di bagian betis kaki sebelah kirinya selama 4 tahun.

Saat diwawancarai Rabu (19/12/ 2018) di rumahnya, Januar terlihat merintih kesakitan. Dirinya hanya bisa beraktifitas dengan mengangkat kaki sebelah kirinya yang membusuk untuk bisa ke kamar mandi.

Ironisnya lagi, tercium aroma bau busuk baik dari dalam maupun rumah yang berasal dari kaki Januar.

“Awalnya benjolan kecil di bagian kaki, tiba-tiba membesar dan membusuk. Sempat hendak dibawa ke Rumah Sakit Adam Malik Medan untuk diambil hasil biopsi dan disarankan amputasi. Namun karena ekonomi tidak mampu biaya operasi dan lainnya, saya kembali pulang bersama keluarga,” kata Januar dengan nada sedih.

Diketahui Januar bekerja sebagai supir truk sebelum menderita penyakit itu. Kini dirinya hanya diam di tempat tidurnya dan tidak mampu melakukan aktifitas apa pun.

“Keseharian saya hanya mendengar radio saja bang bersama ayah tercinta dan adik di rumah. Istriku pergi meninggalkan dan membawa kedua anak karena sakit itu. Kemungkinan mereka tak dapat saya nafkahi,” kata Januar dengan meneteskan air mata.

Januar berharap, agar Pemkab Batubara maupun dermawan dapat membantu dirinya mengobati penyakit yang dideritanya. Dirinya berharap, bisa sembuh kembali dan dapat bekerja.

“Saya selalu berdoa dan berharap agar ada manusia berhati malaikat dapat menolong dengan ikhlas dalam mengobati penyakit ini, sehingga bisa  sembuh kembali,” harapnya.

Sementara itu salah seorang Tokoh Pemuda setempat Rusli atau sering disapa dengan sebutan Acef merasa hiba dengan penderitaan yang dialami Januar. Dia juga baru beberapa minggu ini mengetahui jika Januar menderita kanker di bagian kaki.

“Kami akan berupaya menolong dan meminta kepada pemerintah agar dapat memperhatikan masyarakat yang membutuhkan kesembuhan,” ujar Acef saat menjenguk Januar.

Pihaknya juga akan melakukan penggalangan dana di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Batubara untuk biaya kesembuhan Januar. (heru)