Penyelenggara Pilkada Tapsel di Angkola TimurJalani Rapid Test

Pelaksanaan rapid test terhadap penyelenggara Pilkada Tapsel di Kecamatan Angkola Timur.

Tapanuli Selatan, Lintangnews.com | Sebanyak 385 orang petugas di jajaran penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di Kecamatan Angkola Timur menjalani rapid test Covid-19 atau Virus Corona.

Pelaksanaan rapid test itu dalam rangka memastikan kesehatan para penyelenggara Pilkada menjelang pemungutan suara.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Angkola Timur, Lukman Hakim Harahap pada lintangnews.com, Kamis (19/11/2020) menerangkan, pelaksanaan rapid test serentak dilakukan KPUD bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Tapsel terhadap seluruh penyelenggara Pilkada di setiap Kecamatan. Rapid test itu dilaksanakan mulai pagi hingga sore.

Lukman merinci, ada 385 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dirapid test yang tersebar di 55 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 13 Desa dan 2 Kelurahan. Lalu anggota pengamanan TPS ada 110 orang yang dirapid test.

Sedangkan untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) berikut Sekretariat sebanyak 90 orang yang dirapid test.

“Terakhir, untuk PPK beserta Sekretariat ada 8 orang yang dirapid test,” ujar Lukman.

Nantinya, hasil rapid test akan diumumkan secara internal, tidak untuk dipublikasikan. Bagi yang mendapat hasil reaktif seusai jalani rapid test itu, akan dilakukan isolasi mandiri selama 15 hari hingga pada pemungutan suara di 9 Desember nanti sudah pulih.

“Selain melengkapi diri dengan alat protokol kesehatan (prokes), penyelenggara Pilkada harus tetap sehat dalam menjalankan tugasnya,” tutup Lukman. (SS)