Peringatan Harganas Tingkat Sumut, Pemkab Asahan Juara I Lomba PHBS

Gubsu, Edy Rahmayadi menyampaikan sambutan pada peringatan Hari Keluarga Nasional tingkat Sumut.

Asahan, Lintangnews.com | Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar hadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 yang dilaksanakan di Taman Aek Kota Batu, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Kamis (5/9/ 2019).

Kegiatan itu turut dihadiri Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, Ketua TP-PKK Sumut, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sumut, Sekda Asahan, Plt Ketua TP-PKK Asahan serta perwakilan dari Kabupaten/Kota se Provinsi Sumut.

Deputi KSPK BKKBN, M Yani, menyampaikan pentingnya peran orang tua di dalam keluarga. Untuk menumbuhkembangkan karakter anak, diharapkan agar orang tua dapat meningkatkan intensitas komunikasi dengan seluruh anggota keluarga.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Gubsu yang telah berpartisipasi dalam menurunkan tingkat kekerasan terhadap anak,” sebut Yani.

Selain memberikan Kartu Identitas Anak (KIA) dan bantuan alat pencetak e-KTP, Gubsu juga menyerahkan secara simbolis penghargaan kepada pemenang lomba dalam rangka Harganas se Sumut.

Ini termasuk penghargaan yang diraih Kabupaten Asahan sebagai juara I lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diikuti Desa Buntu Pane Kecamatan Buntu Pane. Selanjutya, juara harapan I lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) yang diikuti Desa Rahuning, Kecamatan Rahuning.

Gubsu Edy Rahmayadi mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan pembinaan keluarga sebagai prioritas utama dan seluruh elemen di Sumut dapat bersinergi dan proaktif meningkatkan upaya dalam mewujudkan masyarakat dan keluarga yang sejahtera.

Terkait keberhasilan Pemkab Asahan menerima penghargaan, Sekda Taufik Zainal  menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan atas keberhasilan yang didapat pada tahun ini.

“Penghargaan yang didapat kali ini dapat meningkatkan motivasi dalam meraih prestasi di berbagai ajang lainnya dan menjadi stimulus bagi seluruh masyarakat Asahan untuk menerapkan PHBS dan LBS dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Sekda. (Heru)