Peringkat 8 PTS di Sumut, USI Terus Berbenah

Lokasi Universitas Simalungun.

Siantar, Lintangnews.com | Universitas Simalungun (USI) terus berbenah dalam menyongsong Universitas unggul di Sumatera Utara dan nasional.

Di tahun ajaran 2018, melalui sejumlah kriteria yang disampaikan daftar peringkat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Kopertis Wilayah 1 Sumatera Utara di tahun 2018, USI mendapat peringkat ke 8 Universitas dan Institut.

Hal ini disampaikan Corry Purba selaku Rektor USI, saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (12/8/2019).

“Untuk tingkat PTS di Sumatera Utara tahun 2018, USI mendapat peringkat kedelapan. Ini versi Kopertis bukan versi yang sempat beredar di media sosial (medsos). Masyarakat bisa melihat bagaimana USI saat ini. Dalam penentuan peringkat yang dilakukan ada beberapa kriteria yang dilihat, mulai dari tingkat pendidikan dosennya. Untuk USI 100 persen sudah Strata 2 (S2) dan status Doktor (S3), ini akan ada tamat 20 lagi. Hal ini memperkokoh USI dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) nya,” terang Corry.

Selain itu, lanjutnya, Kopertis juga menilai dalam kemahasiswaan, mulai dari kegiatan mahasiswa mulai dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan perlombaan di luar.

Dari sisi kelembagaan, sambung Corry, mulai dari Rektor dan Dekan sudah berjalan dengan baik. Serta adanya penelitian dan jurnal.

“Keempat ini yang menjadi penilaian Kopertis Wilayah 1 Sumatera utara. Kita berharap peringkat ini terus meningkat nantinya dengan memperbaiki semua sektor,” harapnya.

Di era saat ini, kata Corry, USI di peringkat ke 8 mampu mengalahkan Universitas lainnya.

“Belajar dari Universitas lainnya, dengan segala fasilitasnya. USI pastinya menuju kesana juga,” tutur putri dari mantan jurnalis ini.

USI, lanjut Corry selalu dipenuhi dengan berbagai kegiatan mahasiswa dengan 5 UKM nya.

“Sebagai mantan Rektor III yang mencakup Kemahasiswaan, saya dukung penuh kegiatan mahasiswa. Jadi ini buat mahasiswa baru nantinya, bisa memilih sesuai keahliannya,” ujarnya sembari menyampaikan USI masih membuka pendaftaran mahasiswa baru sampai bulan September nantinya.

Lebih jauh disampaikannya, untuk tahun 2019, pihaknya melakukan kerjasama dengan BUMN. Mahasiswa USI dalam waktu dekat, akan melakukan magang di BUMN selama 6 bulan.

“Magangnya di berbagai tempat, ada yang di Kalimantan, Jambi dan lainnya,” tutupnya. (Elisbet)