Pilkada Siantar Kemungkinan Tanpa Calon Independen, Ini Penyebabnya

Calon Perseorangan (Int)

Siantar, Lintangnews.com | Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Siantar sepertinya tidak dimeriahkan dari pasangan calon jalur perseorangan atau independen.

Karena sejauh ini belum ada yang pasti mendaftarkan tim penghubung nya ke KPUD Siantar.

Seperti diketahui, pasangan Ojak Naibaho dengan Ismael Sikumbang sempat mendaftarkan tim penghubungnya (LO). Namun, di pertengahan jalan Ismael Sikumbang diketahui mundur dari perseorangan dan memilih jalur partai.

Komisioner KPUD Siantar Bidang Teknis, Gina Ginting mengatakan, sampai sejauh ini belum menerima surat pengunduran tim penghubung Ismael.

“Ini kemarin ada satu mengundurkan diri katanya, terlihat di pemberitaan media bahwa beliau mendaftar ke sejumlah partai. Tetapi, pengunduran belum sampai. LO nya juga belum untuk mencabut data,” ujarnya, Senin (20/1/2020).

Gina mengatakan, untuk batas waktu pendaftaran jalur independen hingga 19 Februari 2020. Untuk persyaratan B1KWK hanya melampirkan foto kopi e-KTP atau Surat Keterangan (Suket).

“Jumlah minimal dukungan untuk jalur perseorangan yakni 17.100 yang tersebar di 5 Kecamatan. Calon perseorangan sekarang ini menggunakan sistem aplikasi Silon. Kita bisa langsung lihat,” terangnya.

Terpisah, Ojak Naibaho Bakal Calon (Balon) Wali Kota Siantar saat dihubungi mengaku tak bisa berkomentar tentang pengunduran Ismael sebagai wakil. Ia tidak bisa memastikan akan ikut bertarung atau tidak dalam Pilkada Siantar.

“Iya sudah mengundurkan diri. Gak bisa saya komentarilah itu (pengunduran Ismael). Belum kita lapor ke KPUD,” katanya.

Saat di singgung apakah tetap turut di perhelatan Pilkada 2020, Ojak justru mengatakan masih ada rasa optimis untuk maju dari jalur perseorangan dan sedang mencari wakil pengganti Ismail.

“Kita lihat nanti lah ya. Saya masih optimis kok maju di Pilkada dari independen. Kalau untuk siapa Wakil nya sampai saat ini belum ada dan kita sedang mencarinya,” tandas Ojak sembari mengatakan belum memberitahukan kepada KPUD soal pengunduran diri Ismail. (Elisbet)