Plh Sekda Tak Hadiri Pembahasan R-APBD Siantar Tahun 2020, Ini Alasannya

193
Plh Sekda Siantar, Kusdianto.

Siantar, Lintangnews.com | Dalam pembahasan Rancangan APBD (R-APBD) Siantar tahun 2020, antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Siantar bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Siantar, dalam 2 hari ini tidak dihadiri Kusdianto selaku Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda).

“Sampai saat ini dalam pembahasan anggaran hanya dihadiri Asisten I Pemko Siantar, Leo Simanjuntak, bukan Plh Sekda Kusdianto,” sebut Ketua DPRD Siantar, Timbul Lingga ditemui di ruangan rapat gabungan Komisi, Selasa (19/11/2019).

Dijelaskannya, hasil konsultasi dengan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) beberapa waktu lalu, bahwa jabatan Plh Sekda tidak ikut dalam mengambil kebijakan strategis. Dia (Kusdianto) hanya penugasan dari Wali Kota. Dalam hal ini Wali Kota selaku kuasa penuh pengguna anggaran mendelegasikan kepada TAPD.

“Jadi hal yang strategis diputuskan oleh Wali Kota melalui TAPD,” terangnya.

Sambung Timbul, hasil koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam pembahasan R-APBD tahun 2020 Kusdianto tidak bisa pengambil kebijakan strategis. Hal ini karena kuasa penuh pengguna anggaran adalah Wali Kota yang mendelegasikan kewenangannya kepada TAPD.

“Artinya semua dokumen yang ditandatangani atas persetujuan Wali Kota,” tandas Timbul sembari sebutkan pendelegasian khusus kepada TAPD dari Wali Kota Siantar sampai saat ini belum ada. (Elisbet)