Plt Wali Kota Tanjungbalai dan Forkopimda Ikuti Sidang Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden

Rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Tanjungbalai, Lintangnews.com | Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti sidang tahunan MPR, DPR dan DPD RI untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden, Joko Widodo, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tanjungbalai, Senin (16/8/2021).

Rapat paripurna istimewa itu dipimpin Ketua DPRD Tanjungbalai, Tengku Eswin didampingi Wakil Ketua, Surya Darma AR dan Syahrial Bakti serta dihadiri anggota DPRD, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan undangan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Sebagaimana diketahui tema HUT Kemerdekaan RI tahun ini adalah ‘Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh’. Sidang tahunan ini dibuka oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan, agar menjadikan pandemi Covid-19 sebagai pelajaran, dimana semua pilar diasah untuk menjadi bangsa yang tahan banting dan kokoh.

Menurut Presiden, kemerdekan Indonesia bukanlah pemberian tetapi direbut dengan penuh perjuangan. Setiap ujian akan memperkokoh pondasi sosial, politik dan negara, karena pandemi Covid-19 kebiasaan baru mengembang, meninggalkan kebiasaan lama dan akselerasi inovasi menyatu dalam kebiasaan hidup.

Lanjutnya, kebiasan gaya hidup sehat terasa semakin berbudaya untuk menciptakan masyarakat yang sehat dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dikatakannya, pandemi memperkuat institusi masyarakat, sedangkan penyakit adalah masalah bersama dan sehat merupakan agenda bersama.

Sementara kerja sama adalah kunci penyelesaian pandemi Covid-19, dengan menerapkan prokes dan vaksinasi dimana pelayanan kesehatan saat ini terus bertambah signifikan, terutama peningkatan farmasi.

Jokowi menyampaikan, fokus pemerintah saat ini adalah menciptakan sebanyak mungkin lapangan kerja, UMK dituntut untuk mengembangkan usaha guna menggerakkan ekonomi secara signifikan agar meningkat.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengatakan, saat ini bangsa Indonesia masih dalam pademi Covid-19, karena itu sidang tahunan tahun ini tetap dilaksanakan secara virtual.

Dia juga menyampaikan, karena pandemi Covid-19 menciptakan kebiasaan baru dimana kita dituntut bekerja dari rumah. Demikian juga dunia pendidikan harus belajar dari rumah dengan memanfaatkan teknologi. Kepada masyarakat, dirinya berpesan tingkatkan prokes agar terhindar dari Covid-19.

Selain itu, jangan ada lagi pengambilan jenazah Covid-19 secara paksa, pemalsuan tes antigen, PCR maupun sertifikat vaksin agar proses penanganan Covid-19 berjalan lancar.

Plt Wali Kota usai menghadiri sidang paripurna istimewa menyampaikan, suatu kebanggan Kota Tanjungbalai dapat mengikuti kegiatan seperti ini. Dia juga menyatakan, apa yang telah disampaikan Presiden semoga membawa kebaikan dan kesejahteraan buat bangsa Indonesia, terlebih dalam penanganan Covid-19 dan juga pemulihan pertumbuhan perekonomian semakin membaik kedepannya.

“Harapan kita bersama semoga pandemi dapat segera berakhir dan tentunya bisa kembali menjalani kehidupan normal. Tidak lupa saya berharap kita semua untuk tetap mematuhi prokes sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini,” ajaknya.

Turut hadir, Kapolres Tanjungbalai, AKBP Triyadi, Danlanal TBA, Letkol laut (P) Robinson Hendrik Etwiyori, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Muhammad Amin, mewakili Dandim 0208/AS, Kapten Inf Hamlet Marpaung, mewakili Ketua Pengadilan Negeri (PN), Joshua Sumantri, Ketua MUI Tanjungbalai, Hajarul Aswadi, Kakan Kemenag, Al Ahyu, mewakili Danki Subden 3/B Sat Brimob Tanjungbalai, Ipda H Lion Hutasoit. (Yuna)