Pohon di Jalinsum Siantar-Perdagangan Ancam Timpa Rumah Warga

Rumah Rina yang tertimpa pohon di Jalan Siantar-Perdagangan.

Simalungun, Lintangnews.com | Ratusan pemukiman warga yang bermukim di pinggir ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Siantar-Perdagangan terancam tertimpa pohon yang tumbuh di pinggir jalan dan usianya sebagian besar sudah tua.

Salah seorang warga Simpang Asilom, Nagori Pamatang Asilom, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, Rina (42) mengatakan, rumahnya rusak akibat tertimpa pohon saat hujan disertai angin kencang turun, Kamis (13/6/2019) malam.

“Rumah saya rusak ditimpa pohon di pinggir Jalan Siantar-Perdagangan, untung tidak ada korban jiwa,” sebut Rina, Jumat (14/6/2019).

Rina berharap, pihak berwenang atau instansi terkait memangkas pohon-pohon yang tinggi dan usianya sudah tua, sehingga tidak membahayakan bagi warga yang rumahnya berada di pinggir Jalan Siantar-Perdagangan maupun pengguna jalan.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun melalui Sekretaris, Manaor Silalahi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait dan pemerintah provinsi untuk memangkas pohon di sepanjang Jalan Siantar- Perdagangan.

“Pemangkasan atau penebangan pohon di Jalan Siantar- Perdagangan akan dikoordinasikan lebih dahulu dengan instansi terkait, termasuk pemerintah provinsi. Pasalnya, pohon-pohon itu berada di jalan provinsi,” ujar Manaor. (zai)