Polres Asahan Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2019

Foto bersama usai acara deklarasi damai yang dilaksanakan Polres Asahan  di Lapangan Ady Pradana.

Asahan, Lintangnews.com | Bertempat di Lapangan Ady Pradana, Kisaran, Kamis (21/2/2019), Polres Asahan gelar deklarasi damai Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, dihadiri seluruh pengurus partai politik (parpol), para Calon Legislatif (Caleg) dan Ketua Tim Pemenangan Calon Presiden tingkat Kabupaten.

Deklarasi damai ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan di 2 buah spanduk berukuran besar dan nantinya akam dipajangkan di depan Lapangan Ady Pradana

Kapolres, AKBP Faisal Napitupulu mengatakan, pengamanan telah dipersiapkan dengan baik menjelang Pemilu. Ini dimulai dari pendaftaran hingga pelantikan, di mana persiapan sesuai kriteria ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang juga diback up Kodim 0208/Asahan, Lanal Tanjungbalai-Asahan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sementara jumlah personil yang dipersiapkan dari pemungutan suara dan rekapitulasi masing-masing PPK berjumlah 570 orang personil.

“Kita melaksanakan deklarasi damai dengan diikuti para Caleg beserta unsur Forkopimda dan masyarakat. Ini bertujuan agar pelaksanaan Pemilu di Asahan berjalan aman dan kondusif. Kita juga menghimbau kepada masyarakat dan seluruh peserta Pemilu agar sama-sama menjaga kekondusifan dan mengawasi, sehingga tidak melanggar aturan atau perundang-undangan terkait Pemilu 2019,” ujar Kapolres.

Salah satu perwakilan dari PDI- Perjuangan Kabupaten Asahan, Rosmansyah saat menandatangani komitmen Pemilu damai di Asahan.

Ketua KPUD Asahan, Hidayat menyambut baik deklarasi yang dilaksanakan, sembari menyampaikan telah menyediakan tempat persiapan kota dan kertas suara .

“Terkait kotak suara telah sampai dan kita amankan di gudang penyimpanan. Selanjutnya menunggu surat suara masuk dari Provinsi saja,” ujar Hidayat.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan, Khomaini Hambali Siambaton juga menyambut baik kegiatan dimaksud. Pihaknya berharap, wilayah Kabupaten Asahan tetap kondusif, sehingga tidak terjadi gesekan menjelang Pemilu 2019.

“Kita apresiasi Kapolres Asahan beserta jajarannya yang menggelar acara deklarasi damai, dengan tujuan  menyukseskan Pemilu 2019. Sebagai badan pengawas akan melaksanakan tugas sesuai tupoksi kami,” ujar Khomaini.

Acara deklarasi juga dirangkai dengan membacakan janji-janji dalam melaksanakan Pemilu damai, adil dan tetap menjaga kekondusif, serta taat aturan Pemilu. Ini dibacakan Rosmansyah salah seorang pengurus PDI- Perjuangan Asahan dan juga anggota DPRD Asahan. (heru)