Polres Asahan Gelar Deklarasi Pileg dan Pilpres Damai

Kapolres Asahan AKBP Yemi Mandagi menandatangani spanduk deklarasi Pileg dan Pilpres Damai.

Asahan, Lintangnews.com | Mendukung suksesnya Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019, Polres Asahan gelar deklarasi aman damai dan sejuk.

Kegiatan yang menghadirkan seluruh instansi terkait, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) itu dilaksanakan di Aula Polres Asahan, Senin (17/9/2018).

Kapolres Asahan, AKBP Yemi Mandagi mengatakan, untuk meyikapi dinamika politik di 2019, maka seluruh elemen masyarakat dapat menyatukan persepsi di pesta demokrasi itu hingga berjalan aman, damai dan sejuk.

“Kita berharap di penyelenggaran Pileg dan Pilpres berjalan aman, nyaman dan sejuk. Namun sikap netral tetap dijaga pada setiap instansi, sehingga pelaksanaan berjalan lancar tanpa ada hambatan. Apabila muncul permasalahan, dapat diselesaikan kepada yang membidangi terkait hal itu, sehingga tidak harus berbuat anarkis,” ujar Kapolres.

Dirinya juga meminta agar menghindari pemberitaan tidak baik dan hoax yang dapat mengundang perpecahan, bahkan Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).

Sementara Ketua KPUD Asahan, Yusuf Sinambela mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres setempat yang telah menggagas deklarasi Pemilu damai 2019.

Wakil Bupati Asahan, Surya saat menandatangani deklarasi Pileg dan Pilpres Damai

“KPUD Asahan saat ini telah melalui tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilu. Saat ini tahapan Daftar Calon Sementara (DCS) telah dilaksanakan. Dalam waktu dekat tahapan Daftar Calon Tetap (DCT) akan dilaksanakan serta perivikasi partai politik (parpol),” tukas Yusuf.

Pihaknya berharap, seluruh pelaksanaan Pileg dan Pilpres berjalan dengan lancar tanpa ada halangan dan hambatan. Sehingga pemilu 2019 berlangsung aman tanpa ada konflik. Yusuf juga meminta dikoreksi dengan tujuan dapat bekerja dengan baik dan jujur.

Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang melalui Wakil Bupati, Surya mengatakan hal yang sama. Termasuk berharap, Pileg dan Pilpres 2019 di Asahan berlangsung aman, sehingga kamtibmas tetap kondusif.

“Atas nama Pemkab Asahan kita selalu  siap mendukung pelaksanaan Pemilu damai dan aman, di mana apa yang dimaksud dengan Asahan Sehat, Cerdas dan Mandiri itu dapat kita tanamkan di dalam diri hingga rasa kebersamaan untuk menjaga kekondusifan terjaga,” ujar Wabup.

Wabub juga mengatakan, Pemkab Asahan mendukung pelaksanaan deklarasi damai ini. Termasuk diharapkan sinegritas antara TNI/Polri dan Pemkab Asahan mulai dari tahapan pendaftaran, tahapan seleksi, tahapan kampanye, tahapan pemilihan, tahapan perhitungan bahkan sampai tahapan perhitungan tetap berjalan lancar.

Pantauan di lokasi kegiatan, seluruh Ketua Partai Politik (Parpol) menandatangani Deklarasi Damai Pemilu 2019 dan mengucapkan janji, dilanjutkan penandatangan nota kesepakatan bersama. (handoko)