Polres Batubara ‘Blender’ 2 Kg Sabu Jaringan Internasional 

Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang sedang memusnahkan sabu yang berhasil disita.

Batubara, Lintangnews.com | Polres Batubara memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu seberat 2 kilogram dengan cara diblender, Rabu (19/9/2018).

Pemusnahan yang berlangsung di Lapangan Bola Kaki Kelurahan Limapuluh itu disaksikan Forkopimda dan elemen masyarakat Batubara. Sebelum dimusnahkan, barang haram itu terlebih dahulu dicek kebenarannya oleh Labfor Poldasu.

Kapolres Batubara, AKBP Robinson Simatupang didampingi Kasat Narkoba, AKP Kusnadi kepada wartawan, menerangkan  narkoba yang disita merupakan jaringan internasional.

“Ini jaringan internasional. Pelaku utamanya sudah terlebih dahulu ditangkap.” terang Robinson.

Kapolres menjelaskan, tersangka warga Desa Kapal Merah, Kecamatan Tanjung Tiram berhasil ditangkap pada 2 September 2018 di SPBU Jalinsum Desa Durian Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara ketika petugas menyamar sebagai pembeli.

Barang bukti sabu  merupakan sisa milik abang ipar tersangka yang sudah terlebih dahulu ditangkap BNN yang divonis 20 tahun penjara dan saat ini berada di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Labuhan Ruku.

“Sabu 2 kilogram ini sisa milik abang iparnya. Lalu disimpan tersangka. Kemudian diedarkannya kembali,” sebut Robinson.

Mantan Kasubdit IV Ditkrimsus Poldasu itu menegaskan, selain narkoba, dirinya juga berkomitmen memberantas segala bentuk penyelundupan barang ilegal asal luar negeri. Hal itu untuk mencegah masuknya narkoba ke daerah Batubara.

Kapolres menambahkan, sebagai bentuk keseriusan pemberantasan narkoba, pihaknya membuat program Desa Simpang Gambus bebas narkoba. Hasilnya, warga di sana sudah berani menolak narkoba.

Sementara itu Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Batubara, Yakat Ali, mengapresiasi kinerja Polres Batubara yang gigih memberantas narkoba.

“Kita menyampaikan apresiasi kepada Kapolres Batubara yang konsisten memberantas narkoba. PP mendukung sepenuhnya pemberantasan narkoba di Kabupaten Batubara,” ujar Yakat yang ikut menyaksikan pemusnahan 2 kg sabu.

Sebagai komitmen anti narkoba Yakat telah menginstruksikan seluruh jajaran dan anggota PP untuk tidak terlibat dengan narkoba, baik sebagai pemakai apalagi pengedar barang haram tersebut. (welas)