Polres Siantar Amankan Peredaran Ganja dari Aceh, Berat Total 14,5 Kg

Kapolres Siantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar didampingididampingi Kasat Narkoba, AKP Kristo Tamba memaparkan pengungkapan kasus ganja.

Siantar, Lintangnews.com | Polres Siantar berhasil mengungkap kasus peredaran ganja dari Aceh.

Hal ini diungkapkan Kapolres Siantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, didampingi Kasat Narkoba, AKP Kristo Tamba, Jumat (16/7/2021).

Disampaikan Kapolres, Rabu (14/7/2021) sekira pukul 19.30 WIB, personil Satuan Reserse Narkoba mendapatkan informasi dari masyarakat, jika ada seorang laki-laki membawa narkotika jenis ganja di depan Pos Polisi (Pospol) Ramayana, Jalan Sutomo, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Siantar Timur.

Menanggapi informasi itu, petugas berangkat ke alamat yang diinformasikan untuk melakukan penyelidikan dan menemukan seorang laki-laki yang dicurigai sesuai informasi sedang duduk di depan Pospol.

“Petugas langsung melakukan penangkapan terhadap laki-laki yang diketahui bernama Crosby Fajar Silalahi (21) warga Kecamatan Siantar Timur. Dari tangan kanan Fajar ditemukan 1 buah plastik hitam berisi 1 bal ganja,” sebut Kapolres.

Saat dilakukan interogasi, diperoleh informasi jika ganja masih ada disimpan temannya, Mangatur Paber Rajagukguk alias Artur. Esoknya, tersangka Mangatur ditangkap di Jalan Sudirman, Kelurahan Proklamasi dan mengakui menyimpan ganja di salah satu rumah di Jalan Mangga Gang Rambutan, Kelurahan Parhorasan Nauli, Kecamatan Siantar Marihat.

Petugas menemukan barang bukti 1 buah goni di dalamnya berisi 12 bal narkotika diduga ganja. Sementara dari dinding kamar ditemukan 1 buah plastik hitam di dalamnya ada 1 bal narkotika diduga ganja.

Sementara itu, informasi yang didapat dari tersangka Crosby, jika ganja yang ditemukan dijemput dari Provinsi Aceh oleh temannya, Donnu Manahan Manurung dan Arianto Lase.

Selanjutnya di Jalan Sutomo dilakukan penangkapan terhadap Donnu Manahan dan mengakui masih ada menyimpan ganja di kos-kosan Jalan Akasia Raya, Nagori Lestari Indah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Petugas menemukan barang bukti dari atas asbes di ruangan kamar mandi 1 buah baju warna hitam berisi 14 paket ganja, 1 buah plastik merah isinya 21 paket ganja dan 1 buah plastik biru di dalamnya 26 paket ganja.

Di hari yang sama sekira pukul 14.30 WIB di Jalan Mahoni Raya, Nagori Sitalasari, Kecamatan Siantar, tersangka Arianto Lase berhasil ditangkap dan ditemukan barang bukti 1 unit handphone (HP) merk Nokia. Selanjutnya keempat tersangka dan seluruh barang bukti dibawa ke kantor Sat Narkoba guna proses pemeriksaan.

Kapolres menyampaikan, barang bukti ganja yang diamankan berat total 14.500 gram atau 14,5 Kg. Menurutnya, para tersangka dikenakan pasal 114 ayat 2 dan pasal 111 ayat 2 jonto pasal 132 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman pidana mati, penjara seumur hidup atau paling lama 20 tahun. (Elisbet)