Polres Tobasa Gelar Apel Pasukan, Ini Tujuannya

Apel gelar pasukan yang berlangsung di Polres Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Polres Toba Samosir (Tobasa) gelar apel pasukan dalam rangka pengamanan Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Kamis (20/12/2018).

Kapolres AKBP Agus Waluyo dalam arahannya menyampaikan, rencana matang akan dapat dilaksanakan dengan lancar dan baik untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam merayakan Hari Natal dan Tahun Baru 2019 di Tobasa.

AKBP Agus juga meminta seluruh personil agar melaksanakan pengamanan dengan maksimal dan optimal. Termasuk melaksanakan tugas dengan hati yang ikhlas dan serius.

“Tetap semangat serta selalu pasang mata dan telinga. Operasi Lilin Toba adalah operasi terpusat serentak dilaksanakan seluruh jajaran Kepolisian dan terfokus untuk menjaga Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,” tegasnya.

Menurutnya, kegiatan apel ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada seluruh personel Polri yang terlibat dalam Operasi Lilin Toba 2018. Ini meliputi tindakan-tindakan apa saja yang akan dilakukan pada saat pengamanan gereja, perbelanjaan, wisata, rumah ibadah, hotel dan jalan protokol.

“Terlebih pengamanan rumah ibadah, seperti gereja agar setiap masyarakat yang beragama Kristiani merasa nyaman dalam menjalankan ibadah Natal dan menyambut Tahun Baru 2019,” papar Kapolres.

Operasi Lilin Toba itu digelar selama 12 hari, yang dimulai Jumat (21/12/2018) sekira pukul 00.00 WIB sampai 1 Januari 2019, dengan tindakan preventif (pencegahan) dan preemtif (penyuluhan, pembinaan) di wilayah hukum Polres Tobasa.

Ada pun titik pengamanan arus mudik sudah dibentuk, 1 unit Pos Pelayanan (Posyan) di Ajibata, 2 unit Pos Pengamanan (Pospam ) di Porsea dan Balige, serta 5 unit Pos Pantau di Pelabuhan Balige, Simpang gereja HKBP Balige, Laguboti, Silimbat dan Siraituruk.

Dalam pembentukan pos itu sebanyak 240 orang personil diterjunkan. Dengan rincian, personil Polri Tobasa sebanyak 125 orang, sementara selebihnya TNI, Satpol PP, Dinas Kesehatan (Dinkes), Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Dinas Perhubungan (Dishub). (asri)