Pomparan Raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang Gelar Pesta Bona Taon

Samosir, Lintangnews.com | Ribuan Pomparan Raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang hadiri pesta syukuran (partangiangan) Bona Taon Parbona Pasogit Rura Sihotang, Sabtu (24/2/2019).

Kegiatan dilaksanakan di kawasan Tugu Raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang, Desa Sampur Toba, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

Kegiatan diawali doa dari agama Islam. Dilanjutkan ibadah dengan menyanyikan berbagai lagu rohani serta diisi renungan yang dibawakan agama Kristen Protestan dan Katolik.

Pesta syukuran ini berthemakan ‘Menjalin Tali Persaudaraan Sihotang Boru Bere Ibebere Pahoppu se Kabupaten Samosir’. Suasana keakraban tampak di antara Pomparan Raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang dan masyarakat yang berdomisili di Rura Sihotang diiringi Gondang Batak.

Dengan leluasa saling menyapa dan bercengkrama sesama Pomparan Raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang yang tinggal di Bona Pasogit maupun di luar Rura Sihotang.

Dalam acara syukuran itu secara spontanitas mengumpulkan dana sehingga suksesnya acara tersebut. Pengumpulan dana dilakukan melalui lelang makanan khas Batak, bordiran ulos dan sumbangan lainnya.

Penampilan sanggar seni budaya ‘Satahi Saoloan’ binaan Ingot Limbong membuat suasana makin meriah dengan menampilkan anak-anak sanggar yang punya talenta manortor yang merupakan budaya Batak sebagai jalan untuk saling menghormati sesama. Termasuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk diberi perlindungan dan dijauhkan dari segala marabahaya.

Agus Sihotang dan Nirma Sihotang menyampaikan kata sambutannya.

Ini berlanjut penampilan penyanyi atau trio Batak asal kenegerian Sihotang seperti Sihotang Brother, Prodeo Trio, Wilma Cs Trio dan seruling maut Robintang Sihotang yang terkenal dengan skil maupun kemampuannya dalam seni tarik suara dan memainkan alat musik tradisional yang membuat suasana makin meriah.

Ada juga acara perkenalan Anggota DPRD Kabupaten Samosir bermarga Sihotang,8 orang Kepala Desa (Kades) bermarga Sihotang yang diketahui ada 7 Kades di Kecamatan Harian dan 1 lagi di Kecamatan Pangururan

Hadir juga Calon Legislatif (Caleg) Daerah Pemilihan (Dapil IV) meliputi Kecamatan Sitio-tio, Harian dan Sianjur Mula-Mula yakni, Nirma Sihotang dan Agus Sihotang. Ada juga Baringin Sihotang Anggota DPRD Samosir yang kembali mencalonkan dari Dapil I meliputi Kecamatan Pangururan dan Ronggur Nihuta.

Agus Sihotang dalam sambutannya berharap, melalui Pesta Bonataonon ini terus menjalin silaturahmi antara sesama pomparan Raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang dan momentum menjadi pemersatu.

Hal senada diucapkan Nirma Sihotang yang menyampaikan terima kasih untuk panitia, tokoh agama, tokoh adat, bius dan seluruh masyarakat Rura Sihotang. Menurutnya, ini salah satu contoh kekompakan pomparan Raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang.

“Kebersamaan ini harus tetap kita jaga dan rawat. Parbona Pasogit Rura Sihotang menjadi contoh kekompakan bagi marga-marga lainnya. Mari kita buktikan dengan mendukung penuh putra putri terbaik Rura Sihotang,” sebut Nirma. (ton’s)