Produk UKM Tobasa Diprediksi Kedepannya Bisa Bersaing dengan Luar Daerah

Pelaku wisata menunjukkan dagangannya.

Tobasa, Lintangnews.com | Seiring dengan pesatnya pariwisata di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang dikenal dengan keindahan Danau Toba bentukan kaldera gunung berapi, maka membutuhkan buah tangan bagi wisatawan.

Seperti dikatakan salah satu pelaku wisata di Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, S Simangunsong menjajakan pernak-pernik dan pakaian yang minim dipajangkan dari hasil karya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) masyarakat sekitar.

Ternyata dirinya memamerkan dagangannya seperti, gelang tangan, gantungan kunci, seni pahat dan pakaian yang rata-rata berasal dari, Kota Bandung Bali dan Palembang. Hanya 2 persen dagangannya karya UKM Tobasa.

“Alangkah baiknya, jika pengrajin UKM di Kabupaten saling berlomba menciptakan pernak-pernik yang berciri budaya Batak, sehingga memiliki nilai jual tinggi,” sebut Simangunsong, Kamis (9/5/2019)

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Pemkab Tobasa, Marsarasi Simanjuntak menuturkan, pihaknya sudah melakukan pembinaan di beberapa daerah bagi masyarakat, untuk menghasilkan karya seni, untuk mendukung wisata local.

“Seperti di Kecamatan Ajibata, Silaen dan Sigumpar, kendati ini masih dalam tahap awal, sehingga perlu pembinaan yang lebih maksimal,” kata Marsarasi

Menurutnya, hasil keterampilan dari UKM yang telah dibina, sudah ada dipajangkan di objek wisata. Pihaknya yakin, seiring waktu, mereka akan lebih profesional, sehingga dapat menghempang produk dari luar daerah.(asri)