Proses Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan di Siantar Hampir Rampung

Kotak suara dari salah satu kecamatan saat tiba di kantor KPUD Siantar (foto : Facebook)

Siantar, Lintangnews.com | Proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 di tingkat Kecamatan di Kota Siantar hampir rampung.

Dari 8 Kecamatan, ada 3 yang telah rampung dan 2 Kecamatan lagi akan segera menyusul.

Hal ini seperti disampaikan Komisioner Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar, Gina Ruth Fefiliana Ginting  Minggu (28/4/2019).

“Tiga Kecamatan sudah rampung, yakni Siantar Marimbun, Siantar Selatan dan Siantar Marihat. Kebetulan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan itu cukup sedikit, tidak seperti di Kecamatan lain. Namun 2 Kecamatan lagi akan segera menyusul,” terang Gina.

Menurutnya, proses penghitungan suara yang begitu lama di Kecamatan karena sempat hanya memakai 1 panel (tempat pencatatan). Beda seperti di Pulau Jawa, kantor Camat nya ada tempat nya.

“Jadi dari hari pertama bisa langsung memakai 4 panel. Sehingga kebijakan KPUD Siantar sendiri memakai tratak di beberapa Kecamatan untuk menambah panel,” tutup Gina.

Terpisah, KPUD Siantar sampaikan turut berduka cita atas meninggalnya Wanden Butar-Butar selaku Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 12 Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara.

“Kita turut berduka cita dan mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa almarhum  dalam menyukseskan Pemilu 2019. Semoga keluarga yang ditinggal kuat dan sabar,” sebut Ketua KPUD Siantar, Daniel Sibarani.

Ia mengaku telah hadir ke rumah duka, untuk menyampaikan turut berduka dan memberikan semangat kepada keluarga almarhum. “Benar, kita sudah langsung ke rumah duka,” tandasnya. (elisbet)