PT Taspen Rutin Pelayanan Setiap Bulan ke Tobasa

Kegiatan pelayanan PT Taspen di perkantoran Pemkab Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | PT Tabungan Asuransi Pegawai Negeri Sipil (Taspen) Persero yang berkantor di Jalan Sisingamangaraja No 98, Kota Siantar rutin melakukan pelayanan ke Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Pelayanan dilakukan sekali sebulan pada minggu ketiga hari pertama di Kantor Pemkab Tobasa.

“PT Taspen merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ditugaskan pemerintah untuk menyelenggarakan 2 jenis program, yaitu Tabungan Hari Tua (THT) dan pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah mempunyai pengalaman lebih dari 50 tahun. Ini tentunya mempunyai peran yang startegis bagi kesejahteraan PNS,” ujar Staf Pelayanan, Todung Panggabean, Senin (15/10/2018)..

Menurutnya, Taspen ada karena ada PNS. Taspen tetap menjadi pengelola jaminan sosial PNS. Melalui Peraturan Pemerintah turunan Undang-Undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya Pasal 91 ayat (6) dan Pasal 92 Ayat (4) PT Taspen akan ditunjuk menjadi pengelola program jaminan pensiun, program hari tua, program jaminan kecelakaan kerja dan program jaminan kematian bagi PNS, sehingga meringankan beban Pemerintah.

Di masa mendatang, PT Taspen akan melakukan restrukturisasi program jaminan sosial PNS, khususnya program THT dan  pension. Selain itu, PT Taspen akan mengembangkan usaha dengan menyediakan program jaminan/program tambahan sesuai dengan kebutuhan para PNS dan keluarganya, sebagai lembaga kepercayaan PNS.

“Kita melakukan reformasi operasional sebagai upaya menuju PT Taspen menjadi lembaga yang paling dipercaya PNS dalam penyelenggaraan program kesejahteraaanya. Dengan demikian PT TaspeN tetap eksis keberadaaan dan fungsinya sebagai pengelola jaminan sosial PNS,” sebut Todung.

Menurutnya, tahun 2029 PT Taspen  akan menjadi First Class Company, dengan indikator bisnis prosesnya selaras dengan UU Sistim Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), mempunyai pengalaman yang panjang sebagai lembaga terpercaya bagi para pesertanya.

“Kita juga bangga dengan apresiasi yang diberikan Pemkab Tobasa. Di mana PT Taspen telah menjalin kerjasama yang baik,” ucap Todung di halaman kantor BKD Tobasa. (asri)