PT TPL Bantu Dunia Pendidikan Sebagai Wujud Tanggung Jawab Pihak Swasta

Foto bersama dengan anak-anak PAUD Desa Tangga Batu I atas bantuan gedung dari pihak PT TPL.

Tobasa, Lintangnews.com | PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) yang berkantor di Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) membangun gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pelita Kasih di Desa Tangga Batu I, Kecamatan yang sama, Jumat (10/5/2019).

“Pembangunan gedung PAUD itu menggunakan dana Community Development (CD) sebesar Rp 89 juta sebagai bentuk tanggung jawab pihak swasta dalam meningkatkan laju dunia pendidikan,” kata Managemen PT TPL, Meriah Tinambunan.

Menurut Meriah, pembangunan gedung PAUD Pelita Kasih dalam mendukung sarana pendidikan di pedesaan, khususnya Desa Tangga Batu I yang berdekatan dengan wilayah operasional perusahaan.

“Dukungan dunia pendidikan memang sudah menjadi komitmen perusahaan untuk hidup dan berkembang bersama masyarakat,” sebutnya.

Meriah menuturkan, sinergitas tanggung jawab bersama akan lebih memajukan dunia pendidikan, khususnya di Tobasa. Pasalnya, ini merupakan tanggung jawab pihak pemerintah, masyarakat dan swasta, dalam membangun sarana dan prasarana pendidikan.

Masyarakat Desa Tangga Batu I berterima kasih pada TPL yang telah turut andil dalam meningkatkan pendidikan anak usia dini. Ini disampaikan Sekretaris Desa Tangga Batu I, Partungkoan Sitorus atas perhatian perusahan yang telah menunjukkan bukti kepeduliannya terhadap masyarakat.

“Dapat kita lihat, bagaimana anak-anak senang bisa berada di gedung yang baru. Kita berharap, anak-anak tetap semangat dalam belajar dan menjadi penerus pembangunan di pemerintahan,” sebut Partungkoan.

Menurutnya, andil perusahaan dalam pembangunan di desa mereka sudah cukup banyak seperti, rabat beton, pembangunan parit, alat permainan edukatif PAUD dan Poskesdes Tangga Batu I.

Sementara itu, Pendamping PAUD Pelita Kasih, Rusmina Sitorus mengatakan, PAUD ini pada awalnya menggunakan rumah dinas (rumdis) dari salah seorang guru SD.

Namun keadaannya sudah tidak layak digunakan untuk anak-anak dapat bermain dan belajar. Melihat kondisi itu menjadikan proses belajar mengajar kurang efektif. Sehinga Rusmina mengapresiasi bantuan renovasi gedung PAUD dari TPL.

“Saya senang dan bangga melihat anak-anak bisa belajar, bernyanyi bersama dengan nyaman di PAUD. Saya ucapkan terimakasih kepada pihak TPL yang peduli, semoga jaya selalu dan tetap memperhatikan masyarakat sekitar,” ujar Rusmina. (asri)