PTPN III Apresiasi Kinerja Poldasu dalam Penyelamatan Aset Negara

Pertemuan pihak PTPN III dengan Kapoldasu, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Medan, Lintangnews.com | PTPN III (Persero) sebagai salah satu perusahaan BUMN di Indonesia dituntut untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara, sehingga kehadirannya memberikan manfaat sebagaimana amanat konstitusi.

Dengan mengelola aset tanah seluas kurang lebih 156.232,8657 hektar dan karyawan sebanyak kurang lebih 21.000 orang, maka menjadi hal yang perlu mendapat perhatian khusus dalam melakukan pengelolaan, khususnya penegakan hukum dan keamanan di wilayah kerja PTPN III.

Hal itu disampaikan Christian Orchard Perangin-Angin selaku Kepala Bagian Umum PTPN III. Dia menyampaikan, PTPN III mengapresiasi Kepolisian Daerah Sumatera Utara(Poldasu) telah memberikan kontribusi nyata dalam rangka penyelamatan aset negara yang selama ini dikuasasi oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Secara konkrit hal itu disampaikan langsung Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dalam rangkaian audiensi dengan jajaran Board of Management PTPN III pada tanggal 2 Agustus 2021 di Mapoldasu, jika penyelamatan aset negara menjadi Going Concern khususnya untuk menjaga keamanan iklim investasi di BUMN Perkebunan khususnya di Sumatera Utara.

Pendekatan humanis dalam bentuk Restorative Justice dikedepankan, namun jika terdapat pihak-pihak tidak bertanggung jawab tanpa alas hak menduduki tanah negara dapat dilakukan penindakan dan penegakan hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Komitmen juga disampaikan Kepala Biro Ops Poldasu, Kombes Desman Sujaya Tarigan dan Dirpam Obvit, Kombes Pol Ferdinan Pasaribu, dengan ditanda tanganinya Nota Kesepahaman Nomor: BUMU/MoU/01/2020 dan Nomor: B/10/MoU/X/2020 tanggal 22 Oktober 2020 tentang bantuan pengamanan serta ketertiban di lingkungan wilayah kerja PTPN III menjadi bukti kehadiran Polri, khususnya Poldasu dan seluruh jajaran teritorialnya untuk menjaga potensi-potensi keamanan yang mengganggu jalannya investasi di PTPN III.

Christian secara khusus berterima kasih pada Kapoldasu dan seluruh jajarannya atas sinergitas yang telah diberikan kepada PTPN III, sehingga dalam melaksanakan aktivitas perusahaan dengan rasa aman dan nyaman. Ini juga nantinya menjadi suatu nilai tambah tertentu bagi kemajuan masyarakat Sumut dan Negara Republik Indonesia (NKRI).

Secara khusus disampaikan terima kasih dan penghargaan pada Direktur Kriminal Khusus Poldasu, Kombes Pol John Carles Edison Nababan, Direktur Kriminal Umum, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Direktur Intelkam, Kombes Pol Dwi Indra Maulana, Kapolres Serdang Bedagai (SAergai), AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum, Kapolres Kota Siantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar dan seluruh Kapolresta dan Kapolres di wilayah hukum PTPN III yang secara aktif melakukan penegakan dan pendampingan hukum untuk menyelamatkan aset Negara. (Muhardi)