Puluhan Pelaku Usaha Kuliner di Toba Ikuti Pelatihan Peningkatan Inovasi

Bupati Poltak Sitorus menyematkan tanda peserta usai membuka secara resmi kegiatan pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner di destinasi pariwisata di Hotel Serenauli.

Toba, Lintangnews.com | Pemkab Toba melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) gelar pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner di destinasi pariwisata bagi 45 orang peserta dari berbagai lokasi wisata di daerah itu.

Kegiatan dibuka secara resmi Bupati, Poltak di Aula Hotel Serenauli, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Kamis (30/9/2021).

“Ini suatu hal yang perlu disyukuri dan harus bekerja keras terutama dalam pelayanan dengan menyajikan kuliner pada para wisatawan yang datang ke daerah kita. Wisatawan perlu kenyamanan yang akan menjadi kenangan sehingga akan datang lagi. Pulang lah dari sini dengan membawa inovasi,” sebutnya, seraya membuka kegiatan dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta.

Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang ekosistem kuliner Indonesia, standar dan ketentuan higienitas sajian kuliner di Indonesia dan dunia. Ini termasuk mampu berkreativitas, inovasi dan pemasaran kuliner.

Bupati juga menantang pelaku kuliner mampu menyajikan salah satu makanan khas Toba yakni Naniura Naniarsik.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Jhon Piter Silalahi dalam laporannya menyampaikan, tujuan penyelenggaraan kegiatan, yakni meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan para pengelola usaha kuliner dalam melakukan inovasi dan meningkatkan higienitas sajian kulinernya agar lebih berkualitas dan bernilai jual.

“Sebanyak 45 orang peserta terdiri dari pelaku usaha kuliner di desa wisata Tarabunga, Lumban bulbul, Sigumpar, Lumban Silintong, Lumban Gaol, Meat, Jangga Dolok, Pardinggaran, Siregar Aek Nalas, PHRI dan SMK 3 Balige,” jelasnya.

Kegiatan diselenggarakan selama 3 hari hingga tanggal 2 Oktober 2021. Selama 2 hari peserta mendapat pemaparan materi di Hotel Serenauli dan hari ketiga mengikuti praktek lapangan di SMK Negeri 3 Pariwisata Balige.

Narasumber dari Pemkab Toba, Dosen Poltekpar Negeri Medan dan instruktur kepariwisataan dari Indonesian Chef Association (ICA). (Frengki)