Rakor P3MD, Kadis PMDPA Sampaikan Pesan Penting Terkait Dana Desa di Tobasa

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Perlindungan Perempuan dan Anak Tobasa, Henry Silalahi menyampaikan sambutannya.

Tobasa, Lintangnews.com | Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Perlindungan Perempuan dan Anak (DPMDPA) Pemkab Toba Samosir (Tobasa), Henry Silalahi menyampaikan pesan-pesan penting terkait penggunaan dana desa (DD), Selasa (10/9/2019).

Pesan penting terkait penggunaan dana desa di 16 Kecamatandi Tobasa itu disampaikannya kepada para Camat, Tenaga Ahli dan Pendamping Desa saat rapat koordinasi (rakor) Program Pembangunan dan Perencanaan Masyarakat Desa (P3MD) di Panatapan Almonsari, Kecamatan Tampahan.

Dalam kegiatan yang dimulai dari pagi hingga senja itu, Henry menyebutkan, dana desa yang sangat besar itu harus digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Pemerintah desa harus melakukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat secara berimbang,” tekannya.

Dia menuturkan, Pemerintah Desa jangan sampai hanya melaksanakan pembangunan fisik seperti jalan, jembatan atau lainnya, tetapi mengabaikan pemberdayaan masyarakat desa.

Dia pun berharap Pemerintah Desa memiliki berbagai program dan kegiatan untuk memberdayakan masyarakat, serta meningkatkan Sumber Daya Masyarakat (SDM).

“Pembangunan infrastruktur itu penting, tapi hendaknya jangan sampai mengabaikan pemberdayaan masyarakat,” tambah Henry.

Salah satu masalah utama yang dihadapi Indonesia saat ini, lanjut Henry adalah masalah stunting.

“Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita atau bayi yang berusia di bawah lima tahun, sebagai akibat dari kekurangan gizi kronis, sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kita juga harus fokus disitu,” pungkas Henry. (asri)