Ratusan Peserta Pawai Obor di Kecamatan Tinggi Raja Sambut Tahun Baru Islam 1441H

Pelaksanaan pawai obor yag berlangsung di Kecamatan Tinggi Raja.

Asahan, Lintangnews.com | Menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah, warga muslim di Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan merayakannya dengan melakukan pawai obor keliling, Sabtu (31/08/2019) malam.

Acara yang diikuti sekitar 500 orang anak-anak itu berasal dari siswa SMP Negeri 1 Tinggi Raja, MTs Tsanawiyah Tinggi Raja, remaja, orang tua, tokoh agama, tokoh masyarakat, para guru dan masyarakat umum.

Pawai obor yang baru pertama kali diadakan di Kecamatan Tinggi Raja ini sontak menjadi perhatian banyak masyarakat. Sehingga sepanjang  jalan selama pawai obor yang berjalan sejauh 2 Km ini banyak disaksikan masyarakat sepanjang jalan.

Selama acara berlangsung, sepanjang jalan dari Desa Terusan Tengah menuju Desa Tinggi Raja diterangi api obor yang dibawa masing-masing peserta. Ini membuat suasana semakin indah untuk dipandang dengan adanya cahaya api yang dihasilkan api obor.

Sementara itu, salah satu warga Kecamatan Tinggi Raja, Aisyah mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Baru tahun ini ada di Kecamatan kegiatan pawai obor menyambut hari Tahun Baru Islam. Kami berterima kasih kepada Pemerintah Kecamatan yang sudah melakukan kegiatan ini. Semoga tahun-tahun mendatang, tetap dilakukan pawai obor,” harapnya.

Camat Tinggi Raja, Syaiful Pasaribu mengatakan, tujuan pawai obor diadakan untuk memperingati 1 Muharram 1441Hijriah.

“Pawai obor bertujuan agar umat Islam mengenal arti penting ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad. Juga untuk mengenalkan kepada generasi mendatang betapa pentingnya mengetahui tentang ajaran islam,” ujarnya.

Selain pawai obor, pihaknya juga mengadakan ceramah agama tentang Tahun Baru Islam atau perayaan 1 Muharram, serta doa bersama untuk meminta keberkahan dan keselamatan. (Handoko)