Realisasi Replanting Diduga Menyimpang, Manager Kebun Balimbingan ‘Bungkam’ saat Dikonfirmasi

Alat berat di lokasi pengerjaan dan Manager PTPN IV Balimbingan bermarga Siahaan.

Simalungun, Lintangnews.com | Pekerjaan pengadaan jasa pengolahan lahan dan pemeliharaan lanjutan tanaman ulang (replanting) tanaman kelapa sawit Kebun Unit Balimbingan sudah dikerjakan rekanan PTPN IV selaku pemenang tender.

Diduga kegiatan yang dikerjakan pihak rekanan di lokasi Afdeling III dan IV Kebun Balimbingan tidak sesuai dengan sarat ketuan yang tertuang pada RKS (Rencana kerja dan syarat-syarat).

Manager PTPN IV Balimbingan bermarga Siahaan justru bungkam dikonfirmasi wartawan, Minggu (8/8/2021). Meski konfirmasi yang dilayangkan melalui pesan singkat diketahuio terceklis dua.

Diketahui kegiatan replanting itu saat ini masih dalam tahap penggalian parit, ripping, dan muluku. Namun alat yang digunakan diduga tidak sesuai dengan ketentuan di dalam RKS.

Sebelumnya, Operator ekscavator kepada wartawan saat ke lokasi mengatakan, belum memiliki Surat Ijin Operator (SIO) yang diterbitkan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Sumatera Utara.

Begitu juga operator jonder mengungkap, dirinya tidak mengetahui SIO. Ini termasuk dengan tahun pembuatan alat berat yang dikemudikan. (Rel/Zai)