Revitalisasi Perpustakaan Tobasa harus Melibatkan Masyarakat

Ilustrasi perpustakaan.

Tobasa, Lintangnews.com | Dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), penting revitalisasi perpustakaan dengan melibatkan berbagai pihak dalam pengelolaan aspek ekternal, supaya warga berinisiatif mengunjunginya.

Ini dikatakan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Tobasa, Wilker Siahaan, Senin (1/4/2019). Dia menuturkan, selama ini progam yang diterapkan adalah perpustakaan keliling sebatas dalam dunia pendidikan, seperti mendatangi sekolah-sekolah.

“Kita menyadari, kecintaan minat baca tidak harus untuk pelajar saja, tetapi seluruh elemen masyarakat khususnya di Tobasa, sehingga dampak yang dihasilkan tidak maksimal untuk dalam cakupan yang luas,” kata Wilker.

Menurutnya, perlu menyadarkan bahwa keberadaan perpustakaan di tengah-tengah masyarakat adalah atas kehendak dan keinginan sepenuhnya dipergunakan untuk membantu kebutuhan dan kehidupan mereka sehari-hari dalam bidang informasi.

“Maka sudah sepantasnya apabila ekspekstasi atau keinginan masyarakat juga dilibatkan dalam pertimbangan pengembangan layanan perpustakaan,” terang Wilker.

Sebagai bentuk motivasi revitalisasi perpustakaan yang akan mereka lakukan, berupa kunjungan KE tempat keramaian, Seperti Rumah Sakit (RS), untuk menumbuhkan minat baca. Karena dengan membaca, akan menghilangkan rasa jenuh suasana rumah sakit.

“Tahap berikutnya, akan melibatkan seluruh instansi pemerintahan, swasta tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaan, kemungkinan besar akan kita laksanakan pada tahun depan,” kata Wilker. (asri)