Rusak Parah, Warga Haranggaol Tanam Pohon Pisang di Badan Jalan

Warga Haranggaol tanam pohon pisang di badan jalan sebagai aksi protes menuntut Pemkab Simalungun untuk segera memperbaiki jalan rusak.

Simalungun, Lintangnews.com | Diduga akibat jalan mengalami kerusakan yang cukup parah, warga Haranggaol, Kelurahan Haranggaol, Kecamatan Haranggol Horison, Kabupaten Simalungun, tanam pohon pisang di badan jalan.

“Warga meminta jalan ini bisa segera diperbaiki,” ujar salah seorang warga Soemardi Sinaga (25) kepada wartawan, Minggu (14/10/2018).

Menurutnya, keberadaan jalan ini sangat penting untuk warga terutama untuk beraktivitas sehari-hari. Menurut Soemardi, jalan tersebut ketika hujan seperti kolam karena menjadi genangan air. Sementara pada musim kemarau seperti sungai yang kekeringan.

Dampaknya, sarana ini dikhawatirkan akan semakin parah kerusakannya dan tidak bisa dilintasi. Hal ini akan berdampak pada perkembangan ekonomi daerah.

Hal senada juga diungkapkan R Purba (50) mengatakan, kerusakan jalan sudah terjadi hampir 8 tahun ini. Namun tidak juga ada perbaikan dari pemerintah setempat. Pembiaran itu membuat kondisi jalan semakin parah, sehingga warga akhirnya menananam batang pohon pisang di badan jalan.

“Baru ditanam semalam, karena khawatir ada pengguna jalan yang jatuh, maka warga menanam batang pisang sebagai bentuk protes karena belum juga ada perbaikan,” katanya.

Diakui Purba, dirinya dan warga lainnya sudah sering menyelamatkan pengendara yang mengalami kecelakaan akibat lubang di ruas jalan tersebut.

“Pernah kita coba tutup pakai batu dan tanah, tapi karena terkena hujan dan terbawa air jadinya berlubang lagi,” ungkapya.

Warga berharap, pemerintah setempat secepatnya memperbaiki kondisi jalan yang padat arus lalu lintas ini.

“Semoga pemerintah segera melakukan perbaikan jalan ini. Jika tidak segera diperbaiki dikhawatirkan lubang tersebut menjadi semakin besar dan bisa mengakibatkan korban lebih banyak lagi,” ujarnya. (zai)