Rutan Balige Musnahkan Sitaan Barang Terlarang

Proses pemusnahan barang-barang terlarang yang ditemukan dari Rutan Balige.

Tobasa, Lintangnews.com | Ada puluhan handphone (HP), sejumlah charger dan baterai HP disita dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Selain itu ada mirip senjata tajam (sajam) yang diduga sengaja dibuat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) juga turut dimusnahkan dengan cara dibakar dalam sebuah tong besar, Jumat (22/2/2019). Pemusnahan itu juga disaksikan para WBP.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas II B Balige, Leonard Silalahi mengatakan, barang terlarang itu merupakan barang sitaan selama periode bulan Januari dan Februari 2019 yang diduga diselundupkan sejumlah pengunjung.

“Barang hasil razia itu sebelumnya kita tampung dan bisa dilihat oleh pengunjung. Tujuannya agar pengunjung melihat dan turut membantu dengan tidak menyelundupkan ke dalam Rutan saat berkunjung,” sebut Leo via telepon seluler.

Dia juga menuturkan, hasil inspeksi mendadak (sidak) dan pemeriksaan secara intensif, petugas juga ada mengamankan narkoba. Kemudian narkoba dan warga binaan yang berhasil diamankan sudah diserahkan kepada instansi berwenang untuk proses hukum selanjutnya.

Menurut Leo, hasil barang sitaan ini merupakan wujud dari penguatan jajaran pengamanan dalam melaksanakan tugas. Salah satu kasus yakni, penyelundupan HP kemungkinan ada melalui pembalut wanita dan cara lainnya yang kurang terpantau saat masuk menjenguk tahanan. (purba)