Rutan Kelas I Medan Terima 148 Orang Tahanan Baru

Para tahanan baru saat tiba di Rutan Kelas I Medan.

Medan, Lintangnews.com | Meskipun menerima 148 orang tahanan baru, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Medan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes), Jumat (30/7/2021).

Kedatangan tahanan itu setelah menerima dari Polda Sumatera Utara (Poldasu), Polrestabes Medan dan Polsek jajaran, dengan tetap menerapkan prokes pencegahan Covid-19.

Tahanan yang diterima terlebih dahulu di cek suhu tubuhnya yaitu di bawah 36,5 derajat. Kemudian mencuci tangan, memasuki bilik sterilisasi dan dilakukan penyemprotan disinfektan pada barang bawaan tahanan.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan), Theo Adrianus Purba, tahanan yang akan memasuki Rutan juga akan dilakukan swab antigen terlebih dahulu dengan hasil negatif. Dari 150 orang tahanan, diketahui 2 orang di antaranya menunjukkan hasil terindikasi Covid-19, sehingga mengembalikan kepada pihak Kepolisian.

Theo juga menyampaikan kepada seluruh tahanan baru untuk tetap menjaga kesehatan dan meningkatkan daya imun tubuh, dengan rajin berjemur dan tidak bermalas-malasan.

“Disini ada Masjid, Kuil, Gereja dan Vihara. Silahkan bapak-bapak semuanya menyibukkan diri dan beraktifitas, lapangan olahraga juga ada, biar sehat dan jangan berdiam diri di kamar,” pungkasnya.

Karutan menambahkan, nantinya para tahanan juga akan melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu selama 14 hari di blok isolasi yang telah disediakan.

Ini sebagai bahan observasi jika para tahanan baru bebas dari Covid-19 dan mempertahankan Rutan Kelas I Medan yang masih zero penularan Virus Corona. (Purba)