Sambangi Rumah Ibadah Cara Polres Tobasa Bina Kerukunan Umat Beragama

Kasat Reskrim, AKP Nelson Sipahutar memberikan bantuan cat tembok dan bunga hias untuk gereja HKBP Baringbing yang diterima Pendeta Lasnirohana Hutauruk.

Tobasa, Lintangnews.com | Dalam membina hubungan yang baik dalam lintas agama di wilayah hukum (wilkum) nya, Polres Toba Samosir (Tobasa) melakukan kegiatan rutin dengan menyambangi setiap rumah ibadah Kristen, Islam maupun penganut aliran kepercayaan lain, Minggu (23/9/2018).

Ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya masyarakat kepada Kepolisian. Sebab Polri adalah pengayom masyarakat.

Kabag Sumda, Kompol CH Napitupulu melalui Kasat Reskrim, AKP Nelson Sipahutar menuturkan, kegiatan itu untuk memberikan jaminan keamanan dalam penyelenggaraan berbagai agenda demokrasi.

“Seperti penyampaian pendapat di muka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul, serta jaminan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan langsung oleh publik, guna memilih kepala daerah, anggota legislatif, serta Pemilihan Presidan dan Wakil Presiden Republik Indonesia,” sebut Nelson.

Personil Polres Tobasa melakukan foto bersama dengan pengurus gereja.

Lanjut Nelson, dalam hal ini Polres Tobasa merasa perlu, menggelorakan deklarasi ‘Pemilu Damai’ tanpa berita hoax di masing-masing wilayah. Caranya dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu, khususnya di wilayah hukum Polres Tobasa yang dikenal dengan kerukunan umat beragamanya.

Dalam kegiatan Minggu Berkat, personil Polres Tobasa melaksanakan ibadah bersama dengan jemaat gereja HKBP Baringbing, Kecamatan Sigumpar Kabupaten Tobasa. Ini sebagai bentuk penyampaian pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) untuk bersama-sama mendukung Pemilu Damai 2019 dan menolak berita hoax.

“Kita juga memberikan bantuan atau sumbangan berupa cat tembok dan bunga hias untuk gereja HKBP Baringbing yang diterima Pendeta Lasnirohana Hutauruk,” terang Nelson Sipahutar.

Kegiatan Minggu Berkat itu dipimpin Kabag Sumda, Kompol CH. Napitupulu dan Kasat Reskrim, AKP Nelson Sipahutar beserta personil Sat Reskrim Polres Tobasa.(asri)