Sanggar Siswo Langgeng Budoyo Gelar Festival Kuda Kepang

Salah satu sanggar yang tampil di Festival Kuda Kepang.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Sebanyak 24 sanggar kesenian tradisional kuda kepang dari Kabupaten Langkat, Binjai, Medan dan tuan rumah Deli Serdang mengikuti Festival Kuda Kepang se Sumatera Utara.

Festival yang diadakan Sanggar Siswo Langgeng Budoyo ini berlangsung di halaman kantor Desa Pasar V Kebun Kelapa, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (23/2/2020).

Festival itu digelar sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sanggar Siswo Langgeng Budoyo ke 28.

Sekretaris Camat (Sekcam) Beringin, Iskandar Sayuti Siregar mengatakan, pihaknya mengapresiasi Festival Kuda Kepang yang diadakan Sanggar Siswo Langgeng Budoyo.

Menurutnya, kegiatan ini sangat baik digelar, karena melestarikan kebudayaan agar tidak hilang ditelan zaman.

“Ini juga sebagai wujud mencerminkan kearifan budaya lokal. Banyak budaya atau seni tradisional kalau tidak kita kembangkan akan hilang, bahkan bisa juga dimiliki negara lain. Mari kita dukung dan lestarikan budaya kuda kepang sebagai warisan budaya nenek moyang,” paparnya.

Pimpinan Sanggar Siswo Langgeng Budoyo, Agus Widodo menuturkan, kegiatan ini sudah menjadi program pihaknya yang dilakukan pada setiap HUT sanggar. Menurutnya, ada 24 sanggar dari berbagai daerah ikut dalam acara yang berlangsung selama 1 hari itu.

“Tujuan kami selain melestarikan budaya, juga untuk mengasah ilmu kesenian kuda kepang yang dimiliki sanggar-sanggar. Kami berharap, para peserta dapat mengambil momentum festival ini sebaik-baiknya sebagai upaya melestarikan kesenian tradisional kita,” tutup Agus.

Pelaksanaan festival itu juga dihadiri Kepala Desa (Kades) Pasar V Kebun Kelapa, Sumantri. (Idris)