Satwa Langka ini Kejutkan Warga Asahan

Tapir yang ditemukan di Dusun II, Desa Perkebunan Bandar Selamat, Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan.

Asahan, Lintangnews.com | Warga Dusun II, Desa Perkebunan Bandar Selamat, Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan, dikejutkan dengan penemuan seekor satwa liar langka, Tapir, di sekitar tempat tingga mereka, Sabtu (17/8/2019).

Tapir itu pertama kali diketahui seorang warga bernama Elizar. Ketika itu sekira pukul 11.00 WIB, Elizar yang tengah menyeberang jalan melihat keberadaan seekor Tapir.

Mengetahui hal itu, warga mengejarnya. Diduga karena ketakutan, Tapir itu melarikan diri hingga akhirnya terjebak masuk ke dalam lubang berlumpur.

“Lagi nyebrang jalan, terus saya lihat kok ada Tapir. Terus saya sama warga lainnya langsung coba pegang dia, tapi akhirnya terjebak di dalam lubang,” kata Elizar.

Agar satwa langka yang dilindungi itu tidak melarikan diri masuk ke perkampungan lainnya, maka warga berinisiatif mengikat Tapir itu dengan tali dan langsung menghubungi aparat setempat.

Selanjutnya informasi penemuan Tapir itu disampaikan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA). Diduga hewan langka dilindungi itu kabur dari Suaka Margasatwa Dolok Surungan I. “Hewan ini dilindungi dan harus segera dievakuasi,” ucapnya.

Sementara itu hingga pukul 19.00 WIB, Tapir itu belum juga dievakuasi dan masih menunggu kedatangan petugas BBKSDA. (Heru)