SDN 104325 Kampung Manggis Sergai Ditetapkan Sekolah Memiliki Toilet Berstandar Nasional

Bupati,Soekirman memberikan sambutan kepada wali murid SDN 104325 Kampung Manggis.

Sergai, Lintangnews.com | Sekolah Dasar (SD) 104325 Kampung Manggis Kecamatan Tebing Syahbandar telah menjadikan sekolah tersebut jadi yang pertama memiliki toilet berstandar nasional di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

“Kebersihan akan mendukung keberhasilan pendidikan siswa-siswi. Saat ini seluruh sekolah di Sergai sedang berlomba-lomba untuk hal yang baik, mewujudkan Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan,” sebut Bupati, Soekirman.

Ini disampaikan saat acara gelar Touring Edukasi 2020 yang di mulai  dari Kecamatan Bandar Khalipah menempuh jarak lebih kurang 25 km di lintasan areal perkebunan serta perumahan masyarakat, Jumat (31/1/2020).

Kemudian singgah di beberapa lokasi yang telah ditentukan antara lain, SD Negeri 104318 Bandar Khalifah, SMP Negeri 1 Bandar Khalifah dan SD Negeri 104325 Kampung Manggis.

Soekirman mengatakan, ada 3 urusan wajib pemerintah yaitu bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Menurutnya, yang menjadi prioritas adalah bidang kesehatan, kemudian pendidikan dan infrastruktur jalan, jembatan serta irigasi. Kemudian pembangunan bidang lainnya akan menyusul.

“Meskipun dalam hal anggaran, Sergai masih termasuk daerah yang tidak besar, namun Pemkab selalu berusaha memaksimalkan anggaran yang ada untuk hasil semaksimal mungin. Untuk itu, kepada masyarakat agar bersabar menantikan pembangunan di daerahnya sebab pembangunan dilaksanakan secara bergilir sesuai anggaran,” harap Bupati.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Joni Walker Manik mengatakan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah melihat perkembangan mutu pendidikan serta pembangunan yang lain.

“Ungkapan terima kasih saya sampaikan kepada Komite Sekolah dan masyarakat telah mendukung program peningkatan pendidikan yang utama bagi kita semua. Saya melihat hal ini sangat penting untuk bersama-sama kita jaga serta memotivasi anak-anak agar cinta kepada sekolah dan proses belajar,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati untuk meresmikan Taman Literasi pertama di Sergai sekaligus menjadikan SMPN 2 Tanjung Beringin sebagai pionir. Ini agar kelak menjadi pemacu sekolah lain mengikuti langkah serupa, guna meningkatkan minat baca siswa dan setelahnya sebagai modal penting untuk mencerdaskan bangsa. (TS)