Sebelum Jatuh Korban, Pemkab Diminta Segera Tangani Longsor Jalan Bakkara

Badan jalan yang mengalami longsor sehingga membahayakan pengendara.

Humbahas, Lintangnews.com | Akibat musim hujan hampir setiap hari menimbulkan longsor di beberapa titik di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Seperti akses jalan menuju wisata Bakkara, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas yang kini hanya ditimbun tanah untuk melakukan tindakan sementara.

Masyarakat sekitar meminta Pemkab Humbahas agar segera mungkin menangani bencana tersebut sebelum menelan korban jiwa.

“Kami sebagai masyarakat Desa Sosorgonting meminta pemerintah segera mungkin untuk menangani longsor itu. Karena kami khawatir akan adanya korban,” sebut salah seorang warga, Op Rudi Purba, Jumat (14/12/2018).

Apalagi jelang Natal sudah mulai banyak pengunjung ke Bakkara, termasuk perantau yang mudik atau pulang kampung.

Longsor yang terjadi di Kecamatan Baktiraja.

Warga lainnya, Carlos Purba juga meminta kepada Pemkab Humbahas agar titik longsor itu dibangun sekokoh mungkin. Pasalanya, titik itu saja yang selalu mengalami longsor dan sudah berulang kali dibangun, namun belum berapa tahun longsor kembali.

“Kami meminta agar segera mungkin dibangun, karena takut para anak sekolah yang naik sepeda motor ngebut di jalan itu, apalagi kedalamannya tidak tanggung-tanggung,” tukas Carlos.

Camat Baktiraja, Pardomuan Manullang mengaku, sudah membuat permohonan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Bupati Humbahas.

“Kita sudah membuat permohonan secara tertulis kepada BPBD tembusan Bupati agar segera mungkin ditangani. Kalau tidak salah, kita langsung membuat permohonan di akhir bulan Oktober setelah mendengar kabar adanya longsor jalan menuju Kecamatan Baktiraja tepatnya di Desa Sosorgonting,” sebut Pardomuan. (akim).