Sekda Tak Hadir, Anggota Banggar DPRD Simalungun Pro Kontra Tentang Skors

Suasana rapat Banggar DPRD Simalungun.

Simalungun, Lintangnews.com | Tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Simalungun saling berebut minta rapat diskors sementara, karena Sekeretaris Daerah (Sekda), Esron Sinaga takkunjung hadir.

Diketahui, rapat kerja Banggar DPRD Simalungun itu seharusnya digelar bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Simalungun. Sementara agenda rapat Banggar DPRD Simalungun itu bakal membahas Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA- PPAS) APBD Kabupaten Simalungun Tahun 2022.

“Kita skors dulu. Tidak hadir juga maka rapat ini kita tunda sampai besok,” pinta Bernhard Damanik selaku anggota Tim Banggar, Kamis (4/11/2021).

“Baik terima kasih, ada saran yang lain,” ucap Samrin Girsang selaku pimpinan rapat didampingi Wakil Ketua DPRD Simalungun, Sastra Joyo Sirait.

“Terima kasih pimpinan. Menurut hemat kami boleh juga dari pihak eksekutif memberi penjelasan tentang kehadiran Sekda sudah sampai dimana,” imbuh Sariadi selaku anggota Banggar lainnya.

Dirinya mempertanyakan, apakah memungkinkan Esron untuk hadir, sehingga proses rapat bisa dilanjutkan. “Kita tanya dulu sejauh mana persiapan Sekda,” ulangnya.

Diketahui Sariadi saat ini menjabat Ketua Fraksi Perindo di DPRD Simalungun. Partai Perindo adalah salah satu partai pendukung kepala daerah terpilih.

Sementara Bernhard Damanik diketahui menjabat Ketua Fraksi Nasdem di DPRD. Dan Partai Nasdem adalah lawan politik kepala daerah terpilih.

Diduga mengetahui rapat akan diskors, anggota Tim Banggar yang juga menjabat Ketua Komisi IV di DPRD dan merupakan politisi Partai Golkar, Binton Tindaon menyampaikan tanggapannya.

“Sama seperti yang dikatakan Pak Sariadi. Artinya apa. Coba kita dengarkan dulu apa kira-kira penjelasan dari eksekutif,” imbuhnya.

Binton menilai, kalau memang karena menunggu waktu, untuk tidak membuang-buang waktu, rapat diteruskan saja, asalkan nantinya bisa dihadirkan Sekda.

“Jadi tidak buang-buang waktu, sementara tugas kita jalan,” saran Binton Tindaon kepada pimpinan terkesan membela koalisi partainya pendukung kepala daerah terpilih.

Ini ditanggapi Histoni Sijabat yang juga Ketua Komisi I DPRD Simalungun dari Partai Demokrat. Diketahui democrat merupakan [artai lawan politik kepala daerah terpilih.

“Ijin, hasil rapat semalam sudah kita ingatkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dimana tingkat keseriusan alangkah baiknya rapat kita skors,” imbuhnya.

Usai dijelaskan Asisten Administrasi dan Umum, Akmal Siregar selaku koordinator eksekutif pada rapat Banggar, akhirnya pimpinan rapat, politisi PDI-Perjuangan, Samrin Girsang menskors selama 30 menit, sembari menunggu hadirnya Sekda. (Zai)