Sembari Ngopi, MPGI Kopi Tobasa Adakan Pertemuan dengan Distanbun

Pertemuan antara Komunitas pelaku usaha dan pecinta kopi dengan pihak Distanbun Pemkab Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Komunitas pelaku usaha dan pecinta kopi di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melakukan pertemuan dalam pembahasan Masyarakat Peduli Indikasi Geografis (MPGI) kopi asli produk daerah itu.

“Kita akan jadikan kopi produk Kabupaten Tobasa sebagai tuan rumah di rumah sendiri, yang memiliki cita rasa unik dan khas yang tidak dimiliki daerah lain,” sebut pengelola Mora Caffee Motung Arabica, Tonni Sitorus.

Menurutnya, dengan demikian cita rasa kopi Tobasa, khususnya kopi Desa Motung, Kecamatan Ajibata akan menarik wisatawan, sekedar ingin menikmati, kopi racikan itu.

Sementara menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Pemkab Tobasa, Sahat Manullang, membenarkan diadakannya pertemuan pecinta kopi dan pelaku usaha kopi dalam pembentukan tim pengurus MPIG Tobasa beberapa waktu lalu di Yoyo Caffee.

Menurutnya, tujuan pertemuan tersebut membicarakan langkah menuju Indikasi Geografis (IG) di Tobasa seperti, membentuk masyarakat peduli indikasi geografis (MPIG) Tobasa, membentuk tim pengurus MPIG, membuat buku MPIG Tobasa dan mengusulkan atau mendaftarkan IG kopi Tobasa ke badan ekonomi kreatif (bekraf).

“Apabila semua tahapan dari MPIG telah berjalan sesuai yang diprogramkan, pihak Distanbun akan koordinasi dengan Dinas Perindakop dalam pematenan label produk kopi Tobasa,” terang Sahat, Selasa (26/2/2019). (asri)