Sembilan Kabupaten di Sumut Raih KLA Tahun 2021, Salah Satunya Asahan

Bupati Asahan, Surya menyampaikan sambutannya.

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab Asahan meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Untuk mendapat penghargaan itu, Kabupaten/Kota harus memiliki komitmen untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan anak di daerah masing-masing.

Hal ini disampaikan Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati saat memberikan arahannya kepada kepala daerah se Indonesia secara virtual pada kegiatan penyerahan penghargaan KLA Tahun 2021, Kamis (29/7/2021).

I Gusti juga memberikan apresiasi kepada Provinsi yang telah berupaya dan bekerja keras menjadi pelopor, sehingga Kabupaten/Kota di wilayahnya mendapat predikat KLA Tahun 2021.

Mengakhiri arahannya, I Gusti mengucapkan selamat kepada Kabupaten/Kota di Indonesia yang telah menerima penghargaan KLA Tahun 2021. Ini termasuk besar harapan  Kabupaten/Kota yang telah meraih prestasi ini menjadi contoh Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia.

Panitia dari Kementerian PPPA mengumumkan Kabupaten/Kota yang mendapat penghargaan KLA Tahun 2021. Di Provinsi Sumatera Utara yang menerima penghargaan KLA tingkat Pratama yakni Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Kabupaten Karo, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kabupaten Langkat, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) dan Kabupaten Asahan.

Usai menerima penghargaan, Pemkab Asahan melanjutkan kegiatan memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2021.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Pemkab Asahan, Muhilli Lubis melaporkan tujuan dari HAN Tahun 2021 adalah sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Sementara Bupati, Surya mengatakan pada HAN tahun ini Pemkab Asahan meraih penghargaan dari Kementerian PPPA. Dimana kriteria yang mendapatkan penghargaan harus memiliki komitmen dalam menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan anak di Kabupaten/Kota masing-masing.

“Kita harus merasa bangga karena telah memiliki komitmen tersebut. Saya meminta kepada para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Asahan dapat memperhatikan hak anak secara khusus,” ucapnya.

Selain itu, Surya berharap kepada Gugus Tugas KLA Kabupaten Asahan agar menargetkan daerah itu menjadi KLA tingkat Madya di tahun mendatang. (Heru)