Sergai Diharapkan Jadi Barometer Pilkada di Sumut dan Indonesia

Kunker Komisi A DPRD Sumut di aula Sultan Serdang membahas persiapan Pilkada Serenta tahun 2020 di Kabupaten Sergai.

Sergai, Lintangnews.com | Dalam catatannya, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merupakan daerah yang sukses dalam melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah.

“Kami berharap, Sergai menjadi barometer Pilkada di Provinsi Sumatera Utara dan Indonesia,” sebut Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto dalam kunjungan kerja (kunker) terkait  persiapan dan kesiapan dalam menghadapi Pilkada Serentak pada bulan September 2020, yang digelar di Aula Sultan Serdang komplek kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (13/3/2020).

Hendro juga mengatakan, di Sumut terdapat 23 Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada. Sumut menjadi Kabupaten/Kota dengan peserta terbanyak yang mengikuti Pilkada 2020 di Indonesia.

“Kami berharap 23 Kabupaten/Kota di Sumut yang mengikuti Pilkada 2020 menjadi role model demokrasi yang elegan dan bermartabat. Sehingga produk dari Pilkada ini mendapatkan pemimpin yang terbaik, peduli dan martabat,” paparnya.

Dalam kunker itu, Komisi A DPRD Sumut juga ingin mengetahui terkait persiapan penyelenggara dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sergai.

“Kami ingin tau sejah mana persiapan dan tahapan di forum ini. Kami ingin mendengarkan seandainya masih ada yang perlu diskusikan. Terkait persiapan pengamanan, dalam hal ini Polres Sergai dan Kodim 0204/DS merupakan bagian terpenting dari Pilkada di Sergai. Kami ingin tau upaya-upaya akan dilakukan apabila ada masalah yang timbul,” ungkap Hendro.

Sementara Bupati Sergai, Soekirman mengatakan, perkembangan sisi tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, jika Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini sudah melakukan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan KPUD dan Bawaslu.

“Selanjutnya berkoordinasi dengan Polres Sergai, Polres Tebingtinggi dan Kodim 0204/DS menyangkut tentang keamanan, sekaligus sudah menyelenggarakan tahapan seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” sebut Soekirman.

Menurutnya, saat ini sedang dalam proses tahapan ujian Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 17 Kecamatan. Selain itu, Pemkab Sergai juga sudah melaksanakan tahapan lainnya dari Bawaslu dengan menggelar kegiatan sosialisasi tentang netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI-Polri.

“Dengan kehadiran Komisi A DPRD Sumut akan melengkapi tahapan dalam menghadapi Pilkada. Jika ada hal-hal yang masih diperlukan atau hal baru dari segi sosialisasi maupun lainnya, kami senang dan siap menerima masukan maupun dan informasi. Ini agar pelaksanaan Pilkada di Sergai dapat berjalan dengan lancar,” kata Bupati mengakhiri. (TS).