Siantar Disebut Perlu CCTV untuk Kurangi Kriminalitas  

CCTV di jalan raya (Int)

Siantar, Lintangnews.com | Guna mengurangi angka kriminalitas di Kota Siantar, Anggota DPRD Tongam Pangaribuan, sarankan pemasangan percaya  kamera pengawas atau CCTV (Circuit Closed Television).

Tujuannya agar bisa mengurangi angka kriminalitas. Terutama di inti kota, pintu masuk dan pintu keluar kota Siantar.

Ditemui di kantornya, Rabu (11/9/2019), politisi Partai Nasdem itu menilai, banyaknya tindak kriminal pencurian di ruang publik harus dapat ditindak dengan memanfaatkan teknologi agar menciptakan rasa nyaman bagi masyarakat.

Togam menyoroti beberapa kasus seperti, pencurian uang sebesar Rp 70 juta yang terjadi di Pasar Horas dan aksi perampasan handphone (HP) di sekitar Taman Bunga, Jalan Merdeka, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, beberapa lokasi sengaja dimanfaatkan oknum-oknum tertentu untuk melakukan tindak kriminal dan pihak penegak hukum sulit menindak pelaku tanpa bukti jelas. Dirinya menilai, CCTV memilik peran penting dalam membantu pihak penegak hukum.

“Lokasi seperti Jalan Merdeka, Jalan Sutomo, Pasar Paluasan, Pasar Horas dan sejumlah titik di pusat kota sering terjadi pencurian dan pencopetan. Sehingga sudah sepatutnya CCTV disebar dibeberapa titik untuk mengurangi tindak kriminal,” ucap anggota DPRD Siantar 2 periode ini.

Terpisah, salah seorang mahasiswa Fakultas Pertanian Univesitas Simalungun (USI), Repando juga menyampaikan hal serupa.

Ia mengaku, pernah mengalami pemerasan saat berada di Taman Bunga Jalan Merdeka dan beruntung dirinya dapat lolos. “ Saya pun pernah  dijambret di sekitar Jalan Merdeka,” tuturnya.

Dia berharap, Siantar menjadi kota yang nyaman dan aman bagi masyarakat. Apalagi banyak pelajar yang datang di Siantar untuk menimba ilmu.

“Kalau bisa CCTV lebih baik. Jadi dapat mencegah dan menindak pelaku tindak kriminal, sehingga menimbulkan kenyamanan,” tandasnya. (Elisbet)