Syahputri Hefriansyah: Menuju Kota Sehat Dibutuhkan Peran Pemerintah dan Masyarakat

Ketua TP PKK Kota Siantar, Syahputri Hefriansyah saat menyampaikan sambutannya.

Siantar, Lintangnews.com | Pembentukan Forum Kota Sehat bertujuan membuat kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni.

Untuk mewujudkannya dilakukan melalui penerapan beberapa tatanan, dengan kegiatan  terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Ronald Saragih saat membaca sambutan tertulis Wali Kota Hefriansyah pada pertemuan pembentukan Forum Kota Sehat Kota Siantar, Rabu (5/12/2018).

Disampaikannya, pelaksanaan Kota Sehat dilaksanakan dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan melalui Forum Kota Sehat yang akan dibentuk, dengan dukungan pemerintah dan mendapatkan fasilitas dari sektor terkait melalui program yang telah direncanakan.

Menurutnya, dibentuknya Forum Kota Sehat berasal dari keinginan dan kebutuhan masyarakat, dikelola oleh masyarakat dan pemerintah selaku fasilitator mengutamakan pendekatan proses dari pada target, tidak terbatas waktu dan berkembang secara dinamik sesuai dengan sasaran secara bertahap.

Untuk mewujudkannya, Wali Kota berharap masyarakat dapat berpartisipasi dan bahu membahu untuk menjalankan program tersebut.

Sementara itu,  Ketua T PKK Kota Siantar, Syahputri Hefriansyah menyampaikan, predikat Kota Sehat bukan hanya milik Pemko Siantar saja, namun harus juga tercermin sampai di kehidupan masyarakat melalui prilaku hidup bersih dan sehatnya.

Syahputri juga mengatakan, untuk mencapai tatanan baru untuk kota sehat harus diperlukan kerja keras, kerja ikhlas tanpa pamrih dan kerja sama yang kuat antara pemerintah dengan masyarakat pada umumnya.

“Karena tanpa ada dorongan dari semua pihak terutama dukungan dari masyarakat, semua yang kita harapkan untuk menjadikan Siantar sebagai Kota Sehat dapat tercapai,” ungkapnya.

Dirinya pun mengajak bersama-sama bergandeng tangan, serta bekerja dengan ikhlas untuk mewujudkan Siantar menjadi Kota Sehat.

Kegiatan itu diikuti 60 orang peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, tokoh masyarakat, insan pers, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Siantar, dengan narasumber dari Dinkes Provinsi Sumatera Utara. (rel)