Tahun 2019, Pemko Siantar Fokus pada Empat Bidang Ini

Wali Kota Siantar, Hefriansyah saat membacakan nota keuangan atas R-APBD TA 2019.

Siantar, Lintangnews.com | Dalam memperhatikan target kinerja tahun 2019, arah dan kebijakan penyelenggaraan Pemko Siantar dirancang untuk mendorong terealisasinya prioritas pembangunan.

Maka sesuai dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2019 menjadi prioritas pembangunan tanpa mengesampingkan peranan bidang lainnya. Ada 4 bidang utama pembangunan yang meliputi, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang infrastruktur, bidang kebersihan dan lingkungan hidup.

Hal ini disampaikan Wali Kota Siantar, Hefriansyah saat membaca nota keuangan atas Rancangan (R) APBD Tahun Anggaran (TA) 2019, Rabu (24/10/2018) di paripurna DPRD Siantar.

Dalam bidang pendidikan, sebut Hefriansyah, pihaknya akan tetap berkomitmen untuk dapat memenuhi amanat konstitusi untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari belanja daerah.

“Hal ini diarahkan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan dan mutu tenaga kependidikan serta pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan,” jelas Wali Kota.

Sambungnya, ada beberapa hal untuk prioritas pembangunan bidang pendidikan yakni, program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, program pendidikan menegah, program peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan.

Sementara untuk bidang kesehatan, Hefriansyah sampaikan menunjukkan peningkatan indeks kesehatan masyarakat yang cukup signifikan akan lebih didorong kualitasnya dengan memperluas jangkauan layanan khususnya pada masyarakat berpenghasilan rendah.

“Ada sejumlah prioritas utama pembangunan, yakni, program promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, program upaya kesehatan masyarakat/lingkungan sehat dan program pembinaan pelayanan kesehatan masyarakat serta sejumlah program lainnya,” tutup Wali Kota. (elisbet)