Tahun Ini Distanbun Tobasa Targetkan Benih Kopi Unggul 90.000 Batang

Sekretaris Distanbun Pemkab Tobasa, Jerri Silaen.

Tobasa, Lintangnews.com | Upaya peningkatan hasil produksi pertanian, khususnya petani kopi di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), membuat Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distabun) setempat akan targetkan bibit kopi unggul sebanyak 90.000 batang untuk tahun 2019 ini.

Ini sesuai pernyataan Kepala Distanbun Tobasa, Sahat Manullang melalui Sekretaris, Jerri Silaen kepada Media Center Tobasa, Jumat (5/4/2019). Menurutnya, penangkaran yang dibangun di Kecamatan Lumbanjulu akan tingkatkan kualitas kopi, sekaligus untuk tingkatkan ekonomi masyarakat.

“Lokasi penangkaran dan pembibitan di Kecamatan Lumbanjulu akan menghasilkan bibit bersertifikat. Ini akan kita urus perizinannya,” sebut Jerri.

Menurutnya, dengan benih kopi yang sudah bersertifikat, tentu akan menghasilkan buah kopi yang berkualitas. Ini membuat kopi Tobasa memiliki kualitas unggul, sehingga kedepannya layak dipasarkan, baik dipasaran lokal dan dunia.

“Seperti kita ketahui, kopi merupakan produk pertanian yang memiliki prospek nilai jual yang menjanjikan, sebab hampir seluruh kalangan meminati minuman kopi,” ucapnya.

Ditambahkan Jerri, Tobasa merupakan program prioritas wisata unggulan, sehinga dapat dipastikan pasaran kopi akan melonjak sesuai permintaan pasar.Untuk itu Tobasa melalui Distanbu perlu berbenah untuk menciptakan produk bibit unggul yang bersertifikat dalam menghasilkan kopi yang berkualitas.

“Tahap pertama yang kita lakukan, pembinaan kepada kelompok petani (poktan) kopi di Tobasa tentang pola tanam dan peremajaan tanaman kopi yang telah tua,” terang Jerri.(asri)