Tebingtinggi dan Jepang Jalin Kerja Sama di Sejumlah Bidang

Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan bersama Wali Kota, Mr Masashi Mori.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan dan Wali Kota Toyama, Jepang, Mr Masashi Mori secara bersama sama menyatakan kehendak untuk melakukan kerja sama antara kedua kota.

Kerja sama ini dalam bidang pengembangan teknologi energi terbarukan untuk pengelolaan sampah dan pengelolaan pasokan air bersih, pertanian, promosi pariwisata, dan peningkatan kapasitas kelembagaan pemerintah daerah.

Pernyataan kehendak kedua pimpinan Kota ini dituangkan dalam Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani pada tanggal 30 Agustus 2019 bertempat di ruang tamu utama lantai 5 kantor Wali Kota Toyama.

Acara penandatanganan LoI itu disaksikan Muhammad Arif Hidayat (Kabid Kerja Sama Antar Negara Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kementerian Dalam Negeri RI) dan Muhammad Yuridho Chap (Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi).

Turut dalam acara itu, Wakil Ketua DPRD Tebingtinggi, Asisten Adm Ekbang, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Kabag Pemerintahan, Wakil Wali kota Toyama, Kepala Deputi Lingkungan Hidup Toyama dan pejabat terkait lainnya dari Pemko Toyama.

Penandatanganan LoI ini dirangkaikan dengan Site Visit ke lokasi-lokasi renewable energi di Toyama dan exchanging opinion antara OPD Tebingtinggi terkait dengan Kepala Devisi Kota Toyama terkait.

Kerja sama Kota Tebingtinggi dengan Kota Toyama itu difasilitasi Kementerian Dalam Negeri melalui Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kemendagri. (purba)