Temu Pers, OPD Paparkan Program Pembangunan Pemkab Tobasa

Para pimpinan OPD memaparkan sejumlah program pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Dalam rangka penyebarluasan informasi pembangunan di wilayah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Pemkab setempat mengadakan temu pers di ruang Panatapan rumah dinas (rumdis) Bupati, Balige, Kamis (11/10/2018).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Lalo Hartono Simanjuntak mengatakan, hal dasar kegiatan penyebarluasan informasi pembangunan di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Tobasa mengacu pada UU Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Masyarakat luas harus mengetahui apa saja kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan dinas-dinas Pemkab Tobasa, dan yang mau ataupun sedang dikerjakan saat ini. Seperti infrastruktur, budaya, pariwisata, pendidikan, ekonomi dan lainnya. Dan akan menghasilkan informasi yang berkualitas serta bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya sembari membuka acara tersebut.

Kegiatan tersebut diikuti beberapa OPD. Sementara pemaparan menghadirkan beberapa narasumber  yakni Kadis Pendidikan, Parlinggoman Panjaitan, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Darlin Sagala, Kadis Perumahan dan Pemukiman (Perkim), Jonni Lubis, Kadis Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop), Marsarasi Simanjuntak, Kadis Pariwisata, Audi Murphy Sitorus, Kadis Pertanian, Sahat Manullang, Kadis Kesehatan, Julian Hutapea, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Bonar Butar-butar , Kadis Sosial, Raja Ivan Sinurat dan Kadis PMDPAP, Henry Silalahi.

Sementara Bupati Darwin Siagian menekankan, semua sektor perlu pembangunan, tetapi yang paling urgen adalah sektor pariwisata. Sebab bila sektor wisata berkembang dengan baik, dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tobasa.

“Sebab bila seorang pengunjung wisata menetap beberapa hari, tentu saja akan meninggalkan uang jutaan rupiah, yang akan meningkatkan ekonomi pelaku wisata,” sebut Darwin. (asri)