Terakhir UNBK, Siswa SMK As Syifa Kisaran Berbagi Makanan, Bukan Coret-Coret 

Para siswa-siswi saat berbagi makanan kepada penarik betor.

Asahan, Lintangnews.com | Hari terakhir Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siswa-siswi memang pantas untuk disyukuri, bahkan dirayakan.

Namun bentuk syukur dan perayaan itu jangan sampai memancing ulah yang bisa menimbulkan rasa resah. Hal itu yang tampaknya ingin ditunjukkan oleh siswa-siswi SMK Kesehatan As Syifa Kisaran, Kabupaten Asahan ketika selesai mengikuti UNBK , Kamis (28/3/2019).

Umumnya banyak pelajar dari sekolah lain merayakan akhir UNBK dengan coretan tinta warna-warni di seragam hingga berkonvoi keliling kota menggunakan kendaraan hasil pembelian orang tua. Namun siswa-siswi SMK Kesehatan As Syifa justru secara spontanitas melakukan aksi berbagi untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama lewat sedekah.

Mereka melakukan aksi berbagi kepada sesama, dengan memberikan bungkusan yang berisikan kue dan minuman kepada setiap pengendara yang lewat. Bungkusan sebanyak 800 paket dibagikan. Paket dibagikan kepada pengendara, tukang becak, penjual asongan dan orang tua yang melintas di jalan.

Kegiatan ini dilakukan di seputaran Tugu Imam Bonjol Kisaran. Sebanyak 20 siswa mengikuti kegiatan tersebut.

Ridho salah satu siswa menerangkan, gagasan bersedekah dalam merayakan kelulusan ini sebenarnya sudah direncanakan olehnya bersama beberapa temannya.

“Ini kami lakukan untuk sebagai wujud rasa syukur atas berakhirnya UNBK. Mudah-mudahan nanti nya kami lulus dengan nilai yang baik,” paparnya.

Sementara itu salah seorang guru SMK Kesehatan As Syifa Kisaran Syahrizal Sibarani mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk meminimalisir anak didik dari hal-hal negatif. Sehingga kita bisa menciptakan hal-hal positif dalam merayakan hari terakhir UNBK.

“Dengan kegiatan positif seperti itu yang bermanfaat dapat membiasakan buat siswa-siswi mulai dari sekarang untuk selalu melakukan hal yang sama (positif), dengan cara berbagi sesama atau pun bersedekah . Kegiatan ini juga merupakan wujud rasa syukur siswa-siswi kami karena sudah berakhirnya UNBK,” ungkapnya. (handoko)