Terapkan Prokes Ketat, Universitas Al-Azhar Medan Wisuda 154 Orang

Wisuda yang dilakukan Universitas Al-Azhar Medan. [Ist]

Medan, Lintangnews.com | Universitas Al-Azhar Medan menggelar wisuda di Tiara Convention Centre, Sabtu (13/2/2021).

Wisuda berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Para wisudawan dan wisudawati mengenakan masker dan face shield. Panitia juga menyediakan hand sanitizer.

Sebanyak 154 orang mahasiswa-mahasiswi yang diwisuda, terdiri dari 101 orang Fakultas Ekonomi, 7 orang Fakultas Hukum, 14 orang Fakultas Pertanian dan 32 orang Fakultas Teknik.

“Ada 154 orang mahasiswa-mahasiswi dari 4 Fakultas yang diwisuda pada hari ini,” kata Rektor Universitas Al-Azhar, Dermawan Hutagaol.

Dermawan mengatakan, keberhasilan yang diraih saat ini merupakan bukti kerja keras. Ia berharap, seluruh wisudawan-wisudawatu agar dapat meningkatkan prestasi untuk memberikan yang terbaik di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Saya berharap wisudawan dapat membawa nama harum almamater kita, yaitu Universitas Al-Azhar yang cerdas, unggul dan berakhlak mulia,” ujarnya.

Ia mengaku, dalam era revolusi Industri 5.0 masyarakat dituntut menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial. Di era disrupsi teknologi yang berlangsung saat ini, sebagian besar perusahaan telah memanfaatkan teknologi di segala aspek kehidupan, termasuk dalam sektor pendidikan.

“Pendidikan juga harus ikut berubah, baik dalan proses belajar mengajar maupun penyelenggaraan pendidikan,” ungkapnya.

Ia mengaku, sejak bulan Maret 2020 tidak dapat melakukan aktivitas perkuliahan secara tatap muka akibat pandemi Covid-19.

“Berkat izin Allah, perkuliahan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan, meski butuh waktu untuk beradaptasi dalam hal tersebut,” sebutnya.

Pembina Yayasan Rachmah Nasution, Machyuzar Nasution mengatakan, dengan dilaksanakannya wisuda ini maka sarjana lulusan Universitas Al-Azhar Medan bertambah jumlahnya. Mereka juga siap untuk terjun ke tengah-tengah masyarakat untuk mengamalkan ilmunya.

“Ini menjadi momen penting. Karena mulai hari ini wisudawan dituntut untuk dapat mengamalkan ilmu untuk kemajuan bangsa dan negara ini,” ungkapnya.

Ia berharap, lulusan Universitas Al-Azhar Medan seharusnya tetap menerapkan ciri khas perilaku akhlakul karimah dalam masyarakat di mana pun berada.

“Kamu harus mengembangkan karir dan menjaga nama baik Universitas Al-Azhar dan selalu mensosialisasikan keberadaannya ke masyarakat,” tukasnya. (Ben])