Terima Kunjungan Ketum MABMI, Ini Harapan Plt Wali Kota Tanjungbalai

Plt Wali Kota Tanjungbalai, Waris Talib menyambut kedatangan Ketua Umum MABMI, Dato’ Seri Syamsul Arifin.

Tanjungbalai, Lintangnews.com | Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Adat Melayu Indonesia (MABMI), Dato’ Seri Syamsul Arifin melakukan kunjungan silaturahmi dengan Pemko Tanjungbalai, semua etnis dan tokoh agama, bertempat di Pendopo rumah dinas Wali Kota, Jalan Sudirman, Kamis (13/1/2022).

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota, Waris Thalib langsung menyambut tokoh yang bergelar Datuk Lelawangsa Sri Hidayatullah Putera Melayu Sahabat Semua Suku itu dengan penuh kehangatan.

Pemko Tanjungbalai bahkan melaksanakan jamuan makan khas melayu dan acara seremoni penyambutan dari mulai pencak silat, tarian persembahan dan unsur resam adat melayu.

Syamsul Arifin yang merupakan Gubernur Sumatera Utara ke 15 itu datang ke Kota Kerang didampingi istri tercinta, Datin Hj Fatimah Habibi, Ketua PD MABMI Tanjungbalai, Delima serta beberapa pengurus wilayah dan daerah.

Waris menyampaikan dalam sambutannya, Pemko Tanjungbalai akan mengangkat kembali citra sejarah kebudayaan Melayu untuk dikenal oleh generasi di masa depan.

“30 persen lebih jumlah penduduk populasi Melayu di Tanjungbalai. Walaupun saya suku Jawa dan Ketua Pujakesuma, tetapi ingin Melayu ini tetap hidup dan berkembang. Jangan sampai generasi anak muda lupa dengan Melayu. Karena Tanjungbalai adalah bumi dan tanah Melayu,” ucapnya.

Dia menuturkan, Dinas Pendidikan (Disdik) dan MABMI setempat khususnya, harus bekerja sama merealisasikan program dan gagasan Pemko Tanjungbalai untuk menghidupkan kembali kesejarahan Melayu.

“Tanjungbalai akan membuat museum melayu dengan segala adat budaya pernak perniknya. Ini sudah kita arahkan itu difungsikan nanti pada bangunan bersejarah. Disdik sedang memprosesnya. Saya juga mempunyai niat ada 3 istana peradaban Melayu harus kembali berdiri kokoh di Tanjungbalai,” kata Waris menegaskan.

Plt Wali Kota menuturkan, anak-anak Tanjungbalai akan dibawa kesana untuk mengenalkan Melayu dan membuat sayembara pertunjukan terkait kekayaan Melayu dari mulai tarian, nyanyian dan lain lain.

“Terima kasih kepada Dato’ yang sudah berkenan hadir di Tanjungbalai. Semoga kehadiran Dato’ membawa keberkahan bagi Tanjungbalai,” imbuhnya.

Selain ramah tamah makan bersama, silaturahmi diisi dengan pemberian penghargaan dari MABMI kepada Plt Wali Kota dan Pemko Tanjungbalai, serta cinderamata pada Syamsul Arifin. (Yuna )