Raih Piagam MURI, Radiapoh Sinaga Ngaku Capek Ditelepon Seluruh Bupati se-Indonesia

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga memberikan bantuan pribadi untuk kegiatan haroan bolon di Nagori Dolok Tomuan.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga mengajak para perantau untuk bersama-sama membangun kampung halaman.

Ajakan itu disampaikan Bupati saat meninjau pelaksanaan kegiatan Haroan Bolon (gotong royong) di Nagori Dolok Tomuan Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Sabtu (28/8/2021).

Kepada masyarakat, Bupati menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi yang telah mengumpulkan dana untuk mendukung kegiatan haroan bolon tersebut.

“Saya berteima kasih kepada masyarakat Dolok Tomuan yang dalam kondisi saat ini mampu mengumpulkan dana kurang lebih Rp 20 juta untuk haroan bolon,” kata Radiapoh.

Disampaikan, angaran pemerintah untuk infrastruktur jalan saat ini memang sangat minim. Itu dikarenakan situasi wabah Covid-19 tidak hanya di Simalungun,  namun juga di daerah lain. “Harapan kita ke depan ini bukan suatu halangan,” ujarnya.

Menurut Radiapoh, pasca menerima piagam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), sering menerima telepon dari para Bupati se-Indonesia terkait program gerakan haroan bolon membangun Simalungun.

“Saya capek ditelepon para Bupati seluruh Indonesia sewaktu kita dapat penghargaan MURI  kemaren. Kok bisa pak Bupati mengajak masyarakatnya gotong royong dalam keadaan sulit saat ini,” jelasnya.

Dikatakan, masyarakat Simalungun ini masih memiliki jiwa semangat gotong royong. Kegiatanr aroan bolon tidak ada di daerah lain. “Seperti ini gampang sebenarnya jika pemimpinya hatinya bersih dan bekerja dengan ikhlas,” ujar Radiapoh.

Dalam kesempatan itu, Bupati secara pribadi ikut berpartisipasi dalam mendukung suksesnya kegiatan haroan bolon di Nagori Dolok Tomuan dan menyumbang dana sebesar Rp 10 juta.

Kepada Panitia, Bupati mengingatkan agar transparan dalam penganggaran dana, kepada masyarakat dihimbau untuk selalu menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan mematuhi sesuai anjuran pemerintah.

Di kegiatan itu, secara simbolis Bupati memecahkan batu pertama untuk dimulainya haroan bolon di Dolok Tomuan.

Pangulu Dolok Tomuan, Pendi Simanjuntak menyampaikan, kegiatan haroan bolon ini sudah di laksanakan sejak beberapa bulan lalu. Dia juga menyampaikan, transparansi dan partisipasi tentang perawatan jalan melalui program haroan bolon yang sudah terkumpul saat ini sekitar Rp 20 juta.

Pendi mengharapkan, masyarakat agar bagaimana kegiatan itu tidak mandul dan terus berjalan. Sehingga diharapkan dapat merubah mindset masyarakat yang selama ini terkesan menunggu pemerintah.

“Kami mengucapkan terima kasih pada Bupati telah memprakarsai program haroan bolon. Ini menjadi komitmen dari masyarakat Simalungun, adanya kegiatan haroan bolon yang berkesinambungan,” ungkap Pendi.

Turut mendampingi Bupati dalam peninjauan itu, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Akmal Harif Siregar, Kadis PMPN, Sarimuda Purba, Kadis PUPR, Benni Saragih, Camat Dolok Panribuan, Septiaman Purba bersama Kapolsek dan Danramil. (Rel/Zai)