Tiga Bulan Tak Gajian, Pangulu Nagori Simalungun Khawatir ‘Perang’ dengan Istri

Ilustrasi pasutri bertengkar.

Simalungun, Lintangnews.com | Raut wajah istri Pangulu di Kabupaten Simalungun, termasuk Perangkat Nagori seperti Gamot (RT), Kaur (Kepala Urusan) dan Sekretaris Nagori bakal merengut.

Pasalnya, selama 3 bulan, terhitung sejak bulan Januari sampai Maret yang tinggal hitungan hari akan berakhir, honor Pangulu bersama Perangkat Nagori belum cair.

“Istri pun sudah merengut. Maulah bertengkar sama istri di rumah. Karena 3 bulan gaji dari bulan Januari sampai Maret belum cair,” ungkap salah seorang Pangulu, Kamis (28/3/2019).

Ternyata, Pangulu bersama Perangkat Nagori belum menerima honor dipicu Anggaran Dana Nagori (ADN) bersumber dari APBD Pemkab Simalungun belum direalisasikan.

“Mulai gaji, alat tulis kantor (ATK) dan operasional di ADN dari APBD. Dan ADN sampai sekarang belum cair. Karena, ADN belum direalisasikan, makanya belum gajian 3 bulan,” jelas pria berkulit hitam manis.

Diketahui, alasan yang diperoleh terkait ADN belum cair, karena Sistem Keuangan Desa (Siskudes)) dari sejumlah Nagori ada yang belum beres. Bahkan, ada sejumlah nagori yang belum menyerahkan ke Dinas PMPN (Pemberdayaan Maujana Pemerintah Nagori) Pemkab Simalungun.

“Kalau alasan dari Kabupaten, ada berapa Nagori yang Siskudes belum beres,” paparnya.

Kabid Pemnag Dinas PMPN Simalungun, Odor Sitinjak saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (29/3/2019) membenarkan ADN untuk tingkat Nagori belum dicairkan.

“Iya, belum. Karena, masih ada Nagori belum menyelesaikan Siskudes. Tahun lalu jadi pelajaran, ADN dicairkan, tapi masih ada belum menyelesaikan Siskudes,” tandasnya. (zai)